Wisata Indonesia

Pesona Kepulauan Sombori Ini Kerennya Kebangetan

Written by Feti Habsari

Kesiniaja.com – Sombori merupakan sebuah kawasan konservasi yang terdiri dari gugusan pulau karang indah nan eksotis. Tebing karang tinggi di sisi kanan dan kirinya menjadi pemandangan yang fantastis.

Kamu akan mendapatkan perpaduan lautan yang tenang berpadu dengan warna hijau tosca yang memesona. Jika beruntung, kamu pun akan disuguhi atraksi lumba-lumba atau pun hiu paus yang tengah mengejar ikan.

Sombori dikenal sebagai surga bagi para penikmat bawah laut. Beragam biota laut selalu siap menyambut dan membuatmu berdecak kagum. Dua spot terbaik untuk snorkeling dan diving di Pulau Sombori adalah Pulau Koko dan Pulau Dua Laut.

Photo: @ferryrusli .

Di Pulau Koko terdapat dua pantai yang dikenal dengan lambaian pohon kelapanya. Saking jernihnya air di Pulau Koko, kamu bisa melihat jelas ikan–ikan kecil berenang. Sedangkan, Pulau Dua Laut dikelilingi pasir putih yang menawan. Keistimewaan pulau ini adalah terdapat aquarium point yang sangat besar dan indah.

Bukan hanya miliki pecinta bawah laut, tetapi tempat ini juga milik kamu pecinta goa atau caving. Banyak goa yang bisa dijelajahi di tempat ini. Dan uniknya, di dalam goa terdapat air payau.

Kamu juga bisa menjamahi Pulau Kayangan untuk menyaksikan keindahan Kepulauan Sombori seutuhnya. Meskipun terbilang baru, namun Pulau Sombori telah disebut-sebut sebagai destinasi wisata yang akan melejit namanya di masa depan. Pasalnya, kepulauan yang eksotis ini tak kalah indahnya dengan Raja Ampat bahkan Phi-phi Island milik Thailand.

Foto: somboriisland.com

Berada di Desa Mbokitta, Kecamatan Menui, Kepulauan Morowali, terletak di bagian selatan Teluk Tolo, Kabupaten Morowali. Kawasan Sombori bisa ditempug melalui Kendari. Untuk perjalanan darat jarak yang harus ditempuh sekitar 6 jam menuju Kota Lafei Morowali dan dilanjutkan menggunakan perahu sekitar 1 jam ke Pulau Laleroang. Jika kamu memilih menggunakan perjalanan laut, jarak yang ditempuh bisa mencapai setengah hari jika menggunakan kapal niaga, sedangkan dengan menggunakan speedboat dapat ditempuh sekitar 5 jam.

Kepulauan yang diperkenalkan melalui Festival Bajo Pasakayyang pada 21 November 2015 ini kini semakin dikenal dan menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan. Dikelilingi oleh pasir putih yang lembut dan menawan, Pulau Sombori menjelma tempat di mana kamu bisa memanjakan diri dengan segala keindahannya.

Foto Featured: hlmrent.blogspot.co.id

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Feti Habsari

Traveller, Blogger, Bibliophile, Chemist.