Wisata Indonesia

Pulau Morotai, Sepotong Surga di Ujung Timur Indonesia

Written by Feti Habsari

Kesiniaja.com – Pulau Morotai merupakan sebuah surga di ujung timur Indonesia yang wajib banget kamu kunjungi. Meski jarak yang membentang, semua itu akan terbayar oleh keindahan bentangan alam dan kekayaan sejarahnya.

Terletak di Utara Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara. Untuk menuju Pulau Morotai kamu bisa menempuhnya dengan penerbangan perintis dari Ternate ke Galela, kemudian lanjut ke Pulau Morotai.

Pulau yang lebih dikenal sebagai bagian dari sejarah Perang Dunia II ini memang menyimpan banyak kisah dan cerita. Berbatasan dengan Negara Filipina dan samudera Pasifik, Amerika Serikat sempat menggunakan pulau ini sebagai landasan serangan pesawat sebelum menuju Filipina dan Borneo bagian timur.

Keindahan Pulau Morotai memang dilengkapi dengan sejuta sejarah Perang dunia II. Dijuluki sebagai “Mutiara di Bibir Pasifik”, Pulau Morotai menjelma surga di ujung timur Indonesia. Pulau ini memiliki beragam pantai dengan pemandangan yang memukau. Ditambah lagi dengan keindahan bawah lautnya yang eksotis.

Pulau Morotai memiliki lebih dari 25 spot menyelam yang sangat menarik dan indah. Di antaranya, Tanjung Wayabula, Dodola Point, Batu Layar Point, Tanjung Sabatai Point, dan Saminyamau. Salah satu peninggalan Jepang yang paling terkenal dan juga menjadi daya tarik bagi wisatawan adalah bangkai pesawat Bristol Beuford yang tenggelam di kedalaman 40 meter di selatan Morotai.

Di sini kamu juga bisa mengunjungi pulau-pulau kecil yang berada di sekitar Pulau Morotai, seperti, Pulau Zum-zum dan Pulau Dodola dengan menggunakan kapal cepat dari Tobeloe ke Daruba.

Hamparan pasir putih nan luas siap menjadi tempatmu bersantai sembari menikmati birunya lautan lepas. Tak ketinggalan pula fenomena sunset dan sunrise pun bisa kamu dapatkan di pulau yang indah ini.

Salah satu spot favorit di Pulau Morotai adalah Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil yang tersambung menjadi satu oleh pasir putih melengkung yang sangat unik ketika sedang surut.

Penasaran akan keindahan bentangan alamnya dan juga sejuta sejarah tempat ini? Yuk, kesini aja!

Foto Featured: keranjangkue.wordpress.com

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Feti Habsari

Traveller, Blogger, Bibliophile, Chemist.