Wisata Indonesia

Punthuk Setumbu, Tempat Menikmati Keindahan Sunrise Borobudur

Written by Astri Erlina

Kesiniaja.com – Siapa yang belum pernah ke kawasan wisata Magelang dan melihat uniknya bangunan Candi Borobudur? Sebetulnya, ada cara lain untuk menikmati keindahan Candi Borobudur dari sisi lain supaya liburanmu jauh dari kata mainstream, yaitu melihat syahdunya matahari yang terbit dari Punthuk Setumbu dengan pemandangan Candi Borobudur yang menawan.

Spot Punthuk Setumbu ditemukan sekitar 3 tahun yang lalu oleh seorang forografer yang berhasil mengambil gambar mempesona sunrise di borobudur, dan memposting gambarnya di media sosial, setelah kejadian tersebut, orang-orang mulai tertarik untuk menyaksikan indahnya matahari terbit dari tempat ini.

Punthuk Setembu itu terletak di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur.  Namun Sebagian besar orang lebih mengenal Punthuk Setumbu sebagai bagian dari wisata Yogyakarta. Padahal yang sebenarnya, Punthuk Setumbu yang menayangkan keindahan matahari terbit ini berada di Magelang yang masih merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah. Nah lho, siapa yang bikin salah kaprah?

Nah, Cara menuju punthuk setumbu adalah setelah kita menemukan pintu utama Borobudur, kita belok ke kiri, jika nanti kita melewati Hotel Manohara (sebelah kanan jalan), Hotel Lumintu (sebelah kiri jalan) sekitar 700m dari belok kiri di pintu Borobudur, kita akan menemukan per empatan (sebelah kiri mesjid), nah kita belok kanan (arah Dusun Ngaran II).

Lokasi parkir utama ada setelah kita menanjak sekitar 400 m, sayangnya parkir hanya cukup sekitar 10 mobil. Tapi sepanjang 400 m tersebut, kanan kiri rumah penduduk bisa dijadikan tempat parkir, dengan bayar biaya parkir Rp. 5.000.

Ada tips nih buat kamu, sebaiknya jam 4 pagi kamu sudah parkir di area parkir utama, karena itu paling dekat dengan posko resmi. Dimana dalam posko resmi terdapat toilet, mushola, tempat istirahat, warung, dan penjualan tiket. Untuk tiket masuknya, setiap orang dikenakan biaya Rp 15.000 rupiah. Setelah kita bayar tiket, kita siap untuk menaiki jalan setapak yang sudah rapih, jelas dan teratur. Lama pendakian dengan berjalan santai memakan waktu sekitar 15 menit.

Jangan lupa bawa senter, untuk membantu penerangan (walaupun tiap 50 m ada penerangan lampu). Usahakan menggunakan sepatu/ sandal yang nyaman dan tidak licin, karena ada beberapa bagian jalan setapak masih tanah asli yang licin ketika jalan agak basah. Setelah 15 menit berjalan kaki, kita sudah berada diatas bukit yang indah banget, disana akan terlihat banyak lampu rumah pemukiman dan 2 buah lampu yang besar di tengah-tengah, dan itulah Candi Borobudur.

Punthuk Setumbu tidak hanya terkenal di kalngan wisatawan domestik. Banyak wisatawan luar negeri yang tertarik untuk mengagumi keindahan sunrise dari sebuah bukit yang ada di dekat Candi Borobudur.

Punthuk-Setumbu-sunrise

Rombongan penunggu matahari terbit. Gambar dari jogjadailytour.com

Ohya buat kamu yang tidak kuat udara dingin, ada baiknya menggunakan jaket, karena angin dan suhu udara disini cukup dingin. Di puncak bukit, sudah terdapat beberapa kursi panjang dari bambu, ada 1 menara yang bisa kita naiki, toilet serta mushola. Jam 4.15 kita sudah berada di puncak bukit Punthuk Setumbu, adzan Subuh pun terdengar sayup-menyayup dari surau. Kamu bisa sholat Subuh dulu, sambil menunggu matahari terbit.

Walaupun ada menara pandang, namun sebagian orang lebih suka bergerombol di dekat pagar pembatas, sambil mengarahkan pandangannya ke arah timur menunggu matahari yang segera terbit. Disini juga disediakan beberapa kursi yang terbuat dari bambu untuk siapapun yang ingin duduk dan beristirahat.

Suaasana Malam di Punthuk Setumbu, Foto dari  setyaad1y

Suaasana Malam di Punthuk Setumbu, Gambar dari IG @setyaad1y

Punthuk Setumbu Nirvana Sunrise, itulah tagline yang melekat bukit ini. Dinamakan seperti itu karrna pemandangan pagi hari di Punthuk Setumbu benar-benar mempesona. Jika kamu tiba sekitar jam 5, lautan lampu di kejauhan menjadi pemandangan yang bisa kamu saksikan. Seiring pagi tiba, lampu-lampu itu akan mati satu persatu dan berganti dengan pertunjukan kolosal semesta. Langit akan berubah warna dari gelap, merah, kuning keemasan, dan berakhir dengan biru bersih.

Puthuk Setumbu

Sunrise Puthuk Setumbu, Gambar dari Catperku.com

Saat waktu menunjukkan jam 6.15 WIB matahari mulai benar-benar muncul secara perlahan, dan inilah momen yang ditunggu-tunggu. Dengan sedikit samar Candi Borobudur yang tidak jauh dari Punthuk Setumbu sudah mulai terlihat dengan diselimuti kabut tipis, ditemani dengan dua gunung tinggi berada disebelah kirinya. Dua buah gunung tadi adalah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang menambah suasana syahdu pagi hari di Punthuk Setumbu. Bukit tempat mengamati matahari terbit dan Candi Borobudur di kejauhan ini mungkin hanya seluas lapangan basket, tidak lebih.

Itulah panorama matahari terbit atau sunrise serta keelokkan candi Bobudur saat dilihat dari ketinggian, yang akan memanjakan matamu dengan keindahannya. Kamu harus kesini jika sedang berkunjung ke Magelang dan sekitarnya.

Adapun tempat wisata dan lokasi Menarik di Sekitar Bukit Punthuk Setumbu yang bisa kamu kunjungi yaitu Gereja Ayam, Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon, Purwosari Hill, Desa Wisata Klipoh. Selamat traveling!

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Astri Erlina

In this life we cannot always do great things
But we can do small things with great love