Wisata Indonesia

Rasakan Sensasi Camping Ceria di Puncak Tertinggi Kota Bandung

Written by Feti Habsari

Kesiniaja.com – Mau camping ceria dan melihat pemandangan sebuah kota dari ketinggian yang tidak perlu naik gunung? Di sinilah tempatnya. Salah satu puncak tertinggi di Kota Bandung ini cocok banget jadi destinasi kamu yang ingin menikmati suasana camping ceria tanpa harus lelah-lelah trekking.

Puncak Bintang merupakan tempat wisata alam di Kota Bandung. Tempat wisata satu ini belum banyak diketahui oleh para wisatawan selain penduduk Kota Bandung sendiri. Berada di ketinggian 1.500 mdpl, tempat ini disebut-sebut sebagai puncak tertinggi Kota Bandung.

Sebelum sampai di Puncak Bintang, kamu akan menemui sebuah warung yang bernama Warung Daweung. Wilayah inilah yang sering disebut sebagai Bukit Moko. Di warung ini memang spot asik buat kamu yang ingin menenangkan diri sejenak sembari ngemil dan isi perut. Belum lagi panorama Kota Bandung yang tersaji dari atas sini benar-benar cantik. Meskipun menu yang tersaji sangatlah sederhana layaknya warung biasa, tetapi view yang ditawarkan menambah nilai lebih dari tempat ini.

Kamu cukup jalan naik sedikit dari warung Daweung ini, maka kamu akan menemui pintu masuk ke Puncak Bintang. Puncak Bintang terletak lebih tinggi sekitar 200 meter dari Bukit Moko ini. Pertama yang akan kamu dapati setelah melalui pintu masuk yaitu hutan pinus yang terhampar luas memanjang dan sungguh rapi.

Di puncak Bintang pastinya kamu bisa camping ceria sembari menikmati sejuknya hutan pinus dengan memasang hammock. Hutan pinus di tempat ini cukup tertata dengan rapi dan bersih. Pantulan cahaya matahari dari balik pohon-pohon pinus saat pagi hari keren banget untuk kamu saksikan. Fasilitas camping ground di sini cukup lengkap dengan toilet dan mushola. Selain itu, kita pun bisa menikmati keindahan area patahan lembang dengan hiking menembus hutan pinus kurang lebih 2 km.

Patahan Lembang | foto dari Instagram @mr.idr

Patahan Lembang | foto dari Instagram @mr.idr

Kamu bisa mendapatkan moment indah di sini. Matahari tenggelam di sini terkenal dengan keeksotisannya, serta hamparan kerlap kerlip lampu kota saat malam hari. Di Puncak Bintang atau pun Bukit Moko kamu tidak bisa meyaksikan matahari terbit, sebab terhalang oleh bukit. Suhu di tempat ini bisa mencapai 15 derajat celsius, sebaiknya kamu menyiapkan jaket atau pakaian hangat.

Untuk masuk ke Bukit Bintang kamu akan dikenakan biaya Rp 8.000 per orang, sedangkan jika Camping per orangnya dikenakan biaya sekitar Rp 18.000. Jika kamu ingin menikmati suasana Kota Bandung dari ketinggian di warung Dawueng, ada paket makan yang bisa kamu pilih di sini dengan membayar sebesar Rp 20.000 per orang. Namun jika kamu hanya ingin berfoto di warung ini kamu harus membayar Rp 10.000 per orang.

Foto dari Instagram @fetihabsari

Foto dari Instagram @fetihabsari

Untuk menuju lokasi ini, kamu harus menggunakan kendaraan pribadi, sebab tidak ada kendaraan umum yang lewat. Wilayah bukit ini berada di sekitar terminal Cicaheum. Ambillah jalan lurus naik ke atas yang bernama Jalan Padasuka. Rutenya terus menanjak dan melewati perkampungan serta perkebunan penduduk. Kamu akan melewati area cartil (caringin tilu) dengan warung-warung makan yang menampilkkan view Kota bandung. Wilayah cartil ini pun sudah cukup dikenal. Jalan menuju lokasi cukup sempit dan banyak tanjakan panjang dengan belokan tajam. Sebaiknya gunakanlah mobil yang agak tinggi dan tidak terlalu besar seperti bus.

Sudah rindu camping tapi masih enggan lelah-lelah trekking ke gunung? Yuk, kesini aja!

Featured foto dari pikiran-rakyat.com

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Feti Habsari

Traveller, Blogger, Bibliophile, Chemist.