Wisata Indonesia

Rasakan Serunya Berpesta Awal Tahun di Sabana Merbabu

Written by Hilal Guswati

Kesiniaja.com – Ingin menghabiskan penghujung tahun dengan cara dan suasana yang berbeda? Hawa sejuk pegunungan dengan hamparan rumput bak permadani hijau yang terbentang tak berbatas. Berkunjung ke Sabana nan luas di Gunung Merbabu mungkin akan menjawab keinginanmu.

Sebuah gunung api strato yang secara administratif terbentang di tiga kabupaten yakni Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Semarang ini memang memiliki keunikan tersendiri. Terhamparnya sabana yang luas menjadi sebuah daya tarik yang dimiliki Gunung Merbabu.

Suasana yang akan kamu temukan hanya di Gunung Merbabu ini dapat menjadi referensi menghabiskan akhir tahun dengan cara yang unik dan berbeda. Meskipun di awal, kamu diharuskan untuk melakukan pendakian yang cukup menguras tenaga yang dapat ditempuh dengan memilih beberapa jalur resmi yang ada.

Jika memilih jalur Selo yang berada di Kabupaten Boyolali, kamu akan disuguhkan pengalaman mendaki yang menyenangkan dengan pemandangan indah yang tiada habisnya. Inilah yang menjadikan jalur Selo menjadi favorit pendaki yang ingin puas menikmati pesona alam Gunung Merbabu.

Foto: Hilal Guswati/kesiniaja.com

Spot terindah untuk menikmati Sabana Merbabu pun dapat kamu lewati pada jalur Selo ini. Pada Sabana 1, kamu akan dimanjakan dengan kemolekan Sabana luas bersanding dengan megahnya sang Gunung Merapi. Tak heran, memang Gunung Merapi dan Merbabu memang memiliki jarak yang dekat sehingga kamu dapat memandangnya sekaligus.

Jika ingin menikmati gagahnya Gunung Merapi berkemahlah di Sabana 1, namun untuk berada di padang rumput super luas dimana kamu bebas berlarian kesana-kemari, cobalah berkemah di Sabana 2 Gunung Merbabu.

Begitu luas dan hijau, itulah kesan yang pasti kamu dapatkan saat berada di sini. Melakukan kegiatan berkemah menyambut tahun yang baru bersama sahabat terdekat di tengah asrinya rerumputan cantik yang menghijau di musim penghujan rasanya akan menjadi pengalaman seru dan berbeda.

Jangan lupa persiapkan logistik yang cukup juga peralatan kemah yang lengkap, karena di musim penghujan Gunung Merbabu kerap disambangi kabut dan hujan angin yang cukup kencang. Tetaplah jaga kesehatan selama pendakian. Selamat menyambut tahun baru!

Featured Image: jejakmatabackpacker

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Hilal Guswati