Wisata Indonesia

14 Tempat Wisata Hits di Purwakarta ini Sayang Untuk Dilewatkan

Written by Astri Erlina

Kesiniaja.com – Kota yang berada di jalur Bandung-Jakarta ini memang tidak terlalu besar, namun perkembangannya sangat pesat. Sebagai salah satu wilayah yang mempunyai kawasan Industri juga menambah kota dengan slogan “Istimewa Jaya Buana” ini semakin maju secara ekonomi. Selain itu, pemerintahan yang begitu gemar mengkoleksi rekor-rekor mencengangkan, semakin menambah keunikan kota kecil ini.

Nah, ternyata tempat wisata di daerah Purwakarta juga tak kalah istimewa dengan slogannya lho. Tempat-tempat yang dapat menjadi tujuan liburan kamu bersama keluarga. Dan tentunya akan menjadi momen istimewa bagi kamu sekeluarga. Berikut tempat-tempat wisata istimewa di Purwakarta yang cocok banget buat jadi tujuan liburan setelah libur panjang lebaran

1. Pesona Wisata Air Mancur Taman Sri Baduga yang Mendunia

Tak perlu jauh mencari tempat di pelosok Purwakarta, karena di pusat kota ada satu tempat yang tak bisa kamu pandang sebelah mata. Lokasinya yang di tengah kota, membuat Taman Sri Baduga Situ Buleud ini seperti poros kota Purwakarta dengan bentuknya yang benar-benar bulat seperti arti namanya dari bahasa Sunda. Danau ini memiliki keunikan dengan adanya air mancur yang sangat keren. Kenapa? Air mancur di sini bukan hanya sekedar air mancur, tetapi air mancur terbesar di Indonesia yang dihiasi gemerlapan lampu warna-warni, yang akan memberikan hiburan dengan tarian airnya dan pemandangan menakjubkan ini tidak kalah dengan pertunjukan lampu di Singapura sana lho.

Foto dari IG @negativisme

Foto dari IG @negativisme

Bahkan sebagai warga Indonesia patut bangga dengan adanya air mancur ini, apalagi jika mengetahui bahwa air mancur ini akan diproyeksikan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Benar-benar keren bukan?! Namun sayangnya, kamu dan keluarga hanya bisa menikmati pertunjukkan air mancur ini setiap hari Sabtu malam saja, yang terbagi menjadi dua sesi pertunjukan, yaitu pada jam 7.30 sampai jam 8 malam dan pada jam 8.30 sampai jam 9 malam. Jadi, Taman Sri Baduga Situ Buleud menjadi satu tempat wisata di Purwakarta yang wajib dikunjungi.

2. Santaikan Diri Dengan Suasana Sejuk di Objek Wisata Air Waduk Jatiluhur Purwakarta.

Terletak di tengah perbukitan yang lebih tinggi membuat Waduk Jatiluhur terkenal dengan kesejukannya. Para mancing mania tidak akan mau melewatkan kesempatan untuk bersemedi dengan alat pancingnya di sekitar waduk. Kamu dan keluarga akan takjub dengan keindahan waduk ketika masih dalam perjalanan menuju kesana, karena kamu sekeluarga akan disuguhkan pemandangan waduk dari atas yang dikelilingi banyak pepohonan dan hamparan hijau di sekitarnya.

Sumber Foto Dari Ig erinaltair

Sumber Foto Dari Ig erinaltair

Hal ini karena Waduk Jatiluhur merupakan waduk buatan yang ada di lembah, yang dikelilingi daerah perbukitan. Sehingga untuk menuju kesana kamu akan menempuh perjalanan menanjak, dan kemudian menurun. Waduk Jatiluhur sebenarnya berfungsi sebagai salah satu pusat pembangkit tenaga listrik untuk area Jawa Barat. Jadi selain menjadi tempat wisata di Purwakarta yang cocok sekali untuk piknik dengan keluarga, waduk ini juga mempunyai nilai penting sebagai pusat suplai tenaga listrik untuk provinsi Jawa Barat. Wow sekali.

3. Panen Buah Sekaligus Bermain Air di Tempat Wisata Resort Giri Tirta Kahuripan Wanayasa Purwakarta.

Ingin menghabiskan liburan dengan nyaman di sebuah resort? kamu bisa menemukannya di Purwakarta. Menjadi tempat wisata di Purwakarta yang berkelas, Giri Tirta Kahuripan akan memuaskan kamu dan keluarga dengan pelayanan prima dari resort-nya. Di resort ini Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan agrowisatanya. Ada perkebunan buah-buahan disana yang bisa kamu panen sepuasnya.

Sumber Foto Dari Ig fauzankl

Sumber Foto Dari Ig fauzankl

Ada juga waterboom yang bisa menjadi tempat bermain anak-anak ataupun orang dewasa dengan kesegaran airnya pasti bikin kamu betah dan liburan kamu makin seru serta menyenangkan. kamu bisa mencapai tempat ini dengan mudah, aksesnya berada di jalur Purwakarta-Wanayasa. Jadi sebelum kamu meluncur ke Situ Wanayasa, berbelok sejauh 5km dari jalur utama kamu akan sampai di resort megah ini.

4. Nikmati pemandangan Bukit Di Objek Wisata Keluarga Waduk Cirata Plered Purwakarta.

Putar balik dari daerah Wanayasa, mari kita menuju satu kecamatan di Purwakarta yang berada di jalur Purwakarta-Bandung, yaitu Plered. Ada satu lagi waduk kebanggaan Purwakarta yang menjadi pusat suplai tenaga listrik untuk area Jawa Barat bernama Waduk Cirata. Terletak di desa Cirata , kecamatan Plered, yang merupakan perbatasan antara Purwakarta dan Bandung Barat, waduk ini begitu megah dengan hamparan yang sangat luas karena Waduk Cirata adalah waduk terbesar di Asia Tenggara.

Sumber Foto Dari Ig yahyasetiadi24

Sumber Foto Dari Ig yahyasetiadi24

Sebenarnya Waduk Cirata bukanlah tempat wisata di Purwakarta, tetapi banyak warga sekitar dari dalam kota maupun luar kota Purwakarta yang berkunjung ke waduk ini. Menjadi satu tempat yang patut dikunjungi dan dengan biaya yang cukup murah, kamu dan keluarga bisa menikmati pemandangan yang menawan dari perbukitan dan juga menikmati wisata kuliner ikan bakar dan nasi liwet di sepanjang jalan. Ikan bakar ini fresh, karena langsung diambil dari keramba-keramba masyarakat yang ada di waduk.

5. Trekking ke Gunung Cupu.

Gambar dari pypertiwi.blogspot.co.id

Gambar dari pypertiwi.blogspot.co.id

Bagi kamu suka mendaki gunung, di Purwarkarta ada beberapa gunung atau mungkin lebih tepat jika disebut dengan bukit. Salah satunya adalah Gunung Cupu yang berada di daerah Plered. Walau tingginya hanya sekitar 300 mdpl, Gunung Cupu yang didominasi oleh batu memiliki pemandangan alam yang indah. Tidak ada salahnya untuk mencoba mendaki gunung mungil ini. Konon katanya, tempat ini menjadi salah satu tempat legendaris ciungwanara. Letak Gunung ini berada di Desa Cianting, perbatasan antara Kec. Sukatani dan Kec. Plered Purwakarta.

6. Melepas penat di Kesejukan Curug Cipurut.

Curug ini berada tepat dikaki Gunung Burangrang sehingga menghadirkan pemandangan alam yang indah, suasana dan nuansa pegunungan yang sejuk, dengan koleksi pepohonan pinus yang berderet rapi di punggung gunungnya. Disamping itu, hamparan sawah dan kebun teh semakin melengkapi eksotisme kawasan wisata Cipurut ini. Perjalanan melelahkanmu tentu akan tergantikan dengan eksotisme Curug Cipurut ini. Udara dingin, air yang bersih sedingin es menambah kesejukan disekitar lokasi wisata air ini. Kamu bisa juga berkemah disekitar air terjunnya lho.

Foto dari IG @gizzaaswita

Foto dari IG @gizzaaswita

Untuk sampai ke lokasi, perjalanan menuju curug ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih satu jam perjalanan dari terminal Wanayasa. Ada dua alternatif jalan yang bisa dipilih untuk menuju ke Curug Cipurut, yang pertama: dari terminal wanayasa ambil arah menuju Pasar Wanayasa menuju kampung Cileungsing Kulon dan lanjut ke lokasi, dan yang kedua: dari terminal Wanayasa ambil arah menuju Desa Sumurugul (ke arah Bojong-Sawit) dan lanjut ke lokasi.

KLIK DISINI UNTUK MELIHAT WISATA PURWAKARTA SELANJUTNYA

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Astri Erlina

In this life we cannot always do great things
But we can do small things with great love