Wisata Indonesia

14 Tempat Wisata Hits di Purwakarta ini Sayang Untuk Dilewatkan

7. Setelah Basah-Basahan, Sekarang Mari ke Gunung Bongkok.

Selain Gunung Cupu, gunung lain yang berada di daerah Plered yang tidak kalah menarik untuk didaki adalah Gunung Bongkok. Gunung ini lebih tinggi dibandingkan Gunung Cupu. Tingginya sekitar 975 mdpl dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan untuk sampai ke puncak. Meski tidak terlalu tinggi, namun track menuju puncak gunung ini cukup melelahkan. Sehingga kita tidak bisa mengabaikan persiapan fisik. Puncak gunung ini juga merupakan sebuah batu.

Gambar dari IG @ astiesugiarto

Gambar dari IG @ astiesugiarto

Foto dari Puncak Batu Tumpuk @rhemaa

Foto dari Puncak Batu Tumpuk @rhemaa

Apa yang bisa kamu nikmati di lokasi ini? Ya, melalui dua puncak Gunung Bongkok, yakni Puncak Batu Tumpuk dan Puncak Datar, kamu bisa menikmati pemandangan dengan background waduk Jatiluhur dan Gunung Parang yang berada sejajar dengan Gunung Bongkok.

9. Masih Pensaran dengan Panorama Purwakarta? Yuk Lanjut Ke Gunung Lembu.

Pingin liat Waduk Jatiluhur dari Ketinggian? Yuk manjat ke Gunung Lembu. Gunung yang satu ini juga masih berada di kawasan yang sama dengan Gunung Bangkok. Suasana dan pemandangan yang ada di Gunung Lembu tidak jauh berbeda dengan kedua gunung sebelumnya. Tepat di bawah puncak gunung ini ada sebuah batu besar yang disebut dengan Batu Lembu. Dari batu itulah asal muasal nama gunung ini

Foto dari IG @yogamalik12

Foto dari IG @yogamalik12

Di awal pendakian, kamu akan disuguhi pemandangan hutan bambu yang meneduhkan. Total jarak yang akan kamu tempuh sekitar 2 km, dengan estimasi waktu 2 jam. Dari puncak gunung ini, kamu akan melihat indahnya Waduh Jatiluhur yang ada di kota Purwakarta ini. Kamu tak perlu ragu untuk melakukan pendakian di Gunung Lembu. Karena jalur ini cukup bersahabat buat kamu yang masih pemula.

10. Pacu Adrenalinmu Di Gunung Parang Purwakarta.

Kabut menggantung di puncak Gunung Parang terlihat dari area wisata alam Badega Gunung Parang, Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, Jawa Barat. Gunung Parang menawarkan berbagai aktivitas wisata minat khusus yang dapat kamu coba ketika berkunjung ke Purwakarta. Contoh beberapa aktivitas tersebut seperti panjat tebing, mendaki gunung, dan berkemah.

Sumber Foto Dari Ig denkmosx

Sumber Foto Dari Ig denkmosx

Ketika sampai di Puncak Gunung Parang, kamu dapat melihat pemandangan Waduk Jatiluhur, gunung-gunung batu andesit, pemukiman masyarakat Kabupaten Purwakarta, dan juga sawah-sawah yang menghampar. Namun kapankah waktu terbaik untuk berkunjung ke Gunung Parang?

Sumber Foto Dari IG victorwongso

Sumber Foto Dari IG victorwongso

Kalau rata-rata musim pemanjatan di bulan kemarau. Dari bulan Maret sampai Oktober, karena pada bulan-bulan tersebut, para wisatawan yang ingin memanjat tebing dan mendaki gunung tak perlu khawatir dengan hujan. Dengan demikian, kamu dapat menikmati ketika berwisata di Gunung Parang dengan nyaman. Kini kamu dapat mencoba dua jalur pendakian menuju Puncak Gunung Parang Tower Satu yakni lewat jalur Taraje dan jalur Desa Pesanggrahan.

Untuk aktivitas panjat tebing, kamu dapat mencoba memanjat di tiga sisi Gunung Parang. Gunung Parang terletak di Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, dan juga terletak di dekat Waduk Jatiluhur. Gunung Parang yang merupakan jenis gunung batu dengan jenis batu andesit memiliki tiga puncak yang masing-masing memiliki perbedaan ketinggiannya.

11. Bermain di Dinginya Sungai Cidomas.

Belum banyak yang tahu kalau Purwakarta menyimpan berbagi tempat-tempat wisata yang keren dan kece abis. Begitupun tempat yang akan kita telusuri kali ini. Ya, Sungai Cidomas namanya. Terletak di kampung Babakan, desa Garokgek, kecamatan Kiarapedes, Purwakarta.

sungai cidomas

Foto dari IG @deniuban

Di pinggir sungai Cidomas terdapat bebatuan yang tertata rapi dan sangat indah. Rindangnya pepohonan dan sejuknya udara menambah suasana asri yang bisa kita nikmati di sini. Selain itu, di spot lain juga terdapat kucuran air/ curug kecil yang akan menambah suasana romantis di sungai Cidomas. Tentunya kamu dapat menelusuri sungai cidomas dengan pelampung. Tapi ingat, kamu harus tetap menjaga dan melestarikan kealamian sungai Cidomas. Kamu boleh saja selfie atau berenang, tapi jangan membuang sampah sembarangan, ya. Apalagi sampai merusak alam.

12. Yuk, Jelajahi Curug Tersembunyi di Perbatasan Purwakarta dan Subang.

Namanya curug Ponggang, secara Administrasi, curug ini berada di dua perbatasan dua desa, yakni Sukajaya,kecamatan Kiara Pedes, kabupaten Purwakarta dan desa Ponggang,kecamatan Serangpanjang, kabupaten Subang. Aliran sungai Cilamaya ini memang batas alami dua kabupaten tersebut. Hal menarik dari curug Ponggang ini adalah bentuknya yang tidak seperti curug atau air terjun kebanyakan yang biasanya air langsung turun lepas dari atas tebing, akan tetapi lebih seperti air yang keluar dari gorong-gorong alami.

curug ponggang (2)

Foto dari alpiadiprawiraningrat.blogspot.co.id

Curug ini pernah begitu populer di media dan banyak wisatawan lokal yang berkunjung pada tahun 2002 sampai 2005. Namun ternyata saat ini sudah mulai di abaikan oleh penduduk sekitar, ada beberapa faktor mengapa wisata ini tidak di populerkan kembali oleh warga sekitar, mulai dari faktor akses menuju lokasi yang berkaitan dengan transportasi yang sangat minim, sumber daya manusia khususnya masyarakat, hingga yang cukup menarik adalah alasan mistis bahwa terdapat kekuataan gaib si buto ijo yang menjaga curug Ponggang.

13. Ademnya Mata Air Cisaladah Membuatmu Betah Berenang di Tempat Ini.

Mata air Cisaladah ini terletak di kecamatan Bojong, kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, yang secara geografis memang berdekatan dengan mata air Cikahuripan yang ada di kota Bandung Barat. Tepatnya di kaki gunung Burangrang. Dari ibukota kecamatan Bojong, memang masih sangat jauh untuk sampai ke lokasi. Sekiranya bisa kamu tempuh selama 2 jam perjalanan. Apalagi, jika kamu dari kota Purwakarta. Bahkan bisa memakan waktu sampai seperempat hari.

Foto dari IG @ambroreynaldi

Foto dari IG @ambroreynaldi

Di kawasan Mata Air Cisaladah terdapat sumber mata air lainnya yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Jadi kalau sudah sampai di spot ini sebaiknya izin dulu sama warga sekitar kolam mana yang boleh digunakan untuk berenang. Yang pasti foto-foto di mata air ini akan mengobati keinginan traveler Purwakarta dan sekitarnya untuk mencicipi sensasi snorkeling layaknya di Umbul Ponggok.

13. Update Foto Instagrammu dengan Latar Bangkai Kereta

Foto dari IG @sri.supartini.s

Foto dari IG @sri.supartini.s

Ada sebuah tempat unik yang akan kita temukan di Stasiun Purwakarta dan tak terdapat di stasiun lain yakni tumpukan gerbong-gerbong kereta. Semua gerbong yang teronggok di sekitar Stasiun Purwakarta ini sudah tidak terpakai. Tumpukan gerbong-gerbong tersebut kini menjadi pemandangan yang cukup menarik. Tempat tersebut sering disebut dengan Kubutan Kereta Api. Untuk yang punya hobi fotografi, tempat ini akan jadi tujuan yang menarik untuk hunting foto.

14. Jelajahi Komplek Rumah di Kampung Andir

Foto dari @dedimulyadi71

Foto dari @dedimulyadi71

Berderet rapi, rumah sunda dengan jumlah 66. Baru terisi sekitar 44 keluarga. Mereka yang menempati rumah ini merupakan warga yang direlokasi dari Cilawang, kawasan yang mengalami longsor beberapa tahun lalu. Perkampungan tersebut dikenal dengan nama Kampung Andir. Lokasinya berada di Desa Cianting, Kecamatan Sukatani. Warga sekitar sana lebih mengenal perkampungan ini dengan Kampung Baru. Lokasi kampung ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari Jalan Raya Plered. Akses menuju jalan ini masih berupa tanah liat, bukan aspal. Deretan rumah adat sunda akan menyambut kedatanganmu di Kampung Andir. Walaupun belum resmi menjadi kampung wisata, pemerintah menjanjikan tempat ini menjadi destinasi wisata yang mengundang para wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Nah itulah 14 tempat wisata berbau alam dengan suasana baru yang ada di Purwakarta, cocok banget buat kamu yang pengen pergi berlibur ke Purwakarta, tunggu apalagi? yuk jelajahi indahnya pesona Purwakarta!

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Astri Erlina

In this life we cannot always do great things
But we can do small things with great love