Wisata Indonesia

Tidak Seseram Namanya, Inilah Sepaket Keindahan Leuwi Jurig dan Leuwi Korsi di Bungbulang, Garut

Written by Imam Widhy

Kesiniaja.com – Jawa Barat memang dikenal dengan keindahan alamnya yang menyejukan mata, pikiran dan tubuh. Jika kamu sedang main-main ke Garut, kamu wajib menikmati primadona yang dimiliki Kota penghasil dodol ini, yaitu Leuwi Jurig yang berada di Desa Bojoong, Kecamatan Bungbulang, Kab. Garut.

Rimbunnya pepohonan dan hawa sejuk sangat terasa ketika kamu memasuki lokasi Leuwi Jurig. Tentunya kamu akan dihadapkan dengan keindahan Leuwi Jurig yang dengan diapit bebatuan raksasa yang memiliki ukiran alam unik, ditambah aliran air berwarna jernih kehijauan membuat tempat ini memiliki sepaket keindahan yang mampu membuat kamu terhipnotis.

Leuwi merupakan bahasa Sunda yang artinya kolam, sedangkan Jurig lebih dikenal dengan setan, bila keduanya digabungkan, maka memiliki arti “Kolam Setan”, karena tempat ini cukup erat kaitannya dengan dunia supranatural. Menurut cerita, konon katanya apabila mandi di Leuwi Jurig ini bisa membebaskan dari jerat pengaruh ilmu hitam. Walaupun namanya terekesan menyeramkan, bila kamu sudah sampai ditempat ini, maka pandangan negatifmu tentang tempat ini akan berubah secara drastis.

Foto: www.instagram.com/mugi_mugia/

Di Leuwi Jurig, kamu bisa melakukan aktifitas berenang dan berfoto dengan latar keindahan bebatuan Leuwi Jurig. Sungai yang tidak terlalu dalam ini membuat kamu lebih aman ketika bermain air disini. Jadi, jangan ragu untuk menceburkan diri dan menikmati segarnya air Leuwi Jurig. Tapi harus tetap diingat untuk menjaga kesopanan sikap di tempat tersebut dan jangan buang sampah sembarangan.

Karena Leuwi Jurig adalah sungai, maka ada saat-saat aliran airnnya deras. Maka, waktu yang paling tepat untuk datang adalah saat pagi hari di musim kemarau. Saat penghujan baik jalur maupun bebatuannya sangat licin. Jadi, kamu harus berhati-hati.

Foto: https://www.instagram.com/budi_ryan/

Bila dihitung, sungai ini memiliki panjang sekitar 500 meter. Untuk saat ini, belum ada tiket retribusi untuk memasuki kawasan Leuwi Jurig. Tapi, pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut juga sudah mengunjungi Leuwi Jurig. Pemerintah setempat berharap ada investor yang bersedia untuk memberdayakan lokasi wisata alam di Garut ini. Dengan adanya pengelolaan dan pembenahan dari pihak terkait, diproyeksikan selain bisa mengangkat potensi wisata Garut, objek wisata ini pun bisa mendukung perekonomian masyarakat setempat.

Lokasi Leuwi Jurig?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Leuwi Jurig yang berada di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kab. Garut. Sekitar 66Km dari Kota Garut, kamu bisa berangkat ke arah selatan melewati Jalan Raya Cisompet menuju Sasak Rumpit. Waktu tempuhnya mencapai 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Tempat ini tidak jauh dari Sasak Rumpit (Jembatan Rumpi) setelah PLTMH Cirompang Bungbulang, kamu bisa masuk melalui gapura yang ada sebelum jembatan. Akses lainnya bisa lewat atas, yakni jalan setapak setelah jembatan dan menyeberangi sungai. Keindahan tempat ini sepertinya siap-siap menjadi pesaing Grand Canyon yang ada di Pangandaran.

Ohya, masih dalam satu kawasan di Kecamatan Bungbulang. Kamu juga bisa mampir ke Leuwi Korsi untuk berenang dan merasakan segarnya aliran sungai yang kebiruan. Uniknya, tebing-tebing batu yang mengapit Leuwi Korsi nampak tersusun rapi menyerupai tempat duduk atau kursi, mungkin dari situ terbentuk nama Leuwi Korsi. Ada dugaan bahwa di tempat ini terpendam situs megalitikum yang besar.

Foto: https://www.instagram.com/tubagussubagja/

Nah, gimana? Sudah kebayang kan mau ngadem dimana ketika kamu sedang berlibur ke Garut? Yuk, Kesini Aja!

Featured image: https://www.instagram.com/budi_ryan/

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Imam Widhy

Tujuan Jalan-Jalan adalah Perjalanannya.