Wisata Indonesia

Uniknya Berburu Selfie di Altar Cinta Curug Jenggala

Written by Hilal Guswati

Kesiniaja.com – Bagi para penggemar curug, rasanya akan selalu terpuaskan dengan beberapa terobosan unik yang menjadi salah satu fasilitas terbaru di sebuah curug. Sebut saja dengan adanya gardu pandang, sampai dibuatnya selfie deck seperti yang bisa kamu temui di kawasan Curug Jenggala di Banyumas.

Curug ini tak hanya mampu ‘menyihir’ para pengunjung dengan pesona alamnya yang luar biasa, tetapi juga dengan keunikan yang ditawarkan di sini. Dibuatnya selfie deck berbentuk symbol cinta ini ternyata mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Terbuat dari kayu, sebuat spot unik untuk berfoto ini menyerupai altar cinta yang pas bagi kamu yang ingin mengabadikan momen romantis dengan pasangan terkasih. Tapi bagi kamu yang masih jomblo jangan khawatir, lokasi ini juga sangat asyik buat kamu yang hobi hunting foto bersama kawan-kawan.

Foto: @onyone96

Dua terjunan besar di tengah bak curug kembar mengalirkan debit air yang luar biasa serta jernih. Di sisi kanan dan kiri terdapat dua terjunan lain yang tak kalah indah. Keempat terjunan ini berpadu membentuk panorama indah yang tiada tara, ditambah dengan pesona hijau alam sekitar curug yang juga memukau.

Potret Curug Jenggala sempat viral di media sosial berkat muda-mudi yang mengunggah jepretan uniknya. Tak heran, Kota Banyumas yang dulunya tak terlalu menjadi destinasi unggulan di Jawa Tengah kini merangsek naik dengan menampilkan ‘surga tersembunyi’nya. Surga nan cantik ini dapat kamu kunjungi di daerah Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Banyumas.

Foto: instagram.com/wahyumhdrizki

Di dusun ini ternyata memang tersebar beberapa curug yang cantik, diantaranya Curug Bayan, Curug Gede, dan Curug Penganten, namun curug ini lah yang paling hits di sini. Curug yang awal mulanya disebut Curug Tempuan ini termasuk ke dalam lahan Perhutani KPH Banyumas Timur. Lokasinya pun tak terlalu sulit untuk dicapai.

Objek wisata ini berada tak jauh dari Taman Wisata Baturaden yang sudah terkenal di sini, kamu akan dengan mudah menemukan maupun memperoleh info rutenya dari warga sekitar. Jika dari Baturaden, kamu harus meneruskan jalan menuju Curug Bayan dengan berpatokan pada sebuah homestay dengan jalan yang cukup sempit dan menanjak di sampingnya.

Jalan tersebut yang harus kamu lalui hingga kamu nantinya akan menemukan plang penunjuk jalan menuju Curug Jenggala. Dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 5 ribu saja, kamu dapat menikmati pesona curug berketinggian 30 meter ini dengan terlebih dahulu trekking sejauh 500 meter dengan jalan yang didominasi tanah licin saat musim penghujan.

Bagaimana? Tertarik berwisata ke Baturaden? Yuk, ke sini aja!

Foto Featured: @dianty__novasari

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Hilal Guswati