Wisata Indonesia

Inilah 13 Destinasi Wisata Kekinian Anti Mainstream di Semarang

Written by Astri Erlina

Kesiniaja.com – Saat kamu searching situs traveling yang ada di semarang pasti yang akan muncul tempat-tempat yang udah mainstream dan udah banyak dijelajah banyak orang, kalo bukan masjid agung jawa tengah ya kawasan kota lama, akhirnya liburan kamu jadi penat karena gak nemuin suasana baru. Sebenarnya banyak loh tempat wisata dan tempat sekedar melepas penat di kota ini yang belum banyak diketahui orang-orang bahkan bakal jadi tempat liburan  anti mainstream buat kamu, mau tahu apa aja? yuk intip kesiniaja.com bakal kasih bocorannya…

1. Nikmatnya berenang diatas ketinggian dengan balutan kesejukan alam.

Umbul Sidomukti merupakan taman renang alam yang menyajikan pemandian dari mata air pegunungan Ungaran yang sangat menyegarkan. Objek wisata kawasan Umbul Sidomukti merupakan salah satu Wisata Alam Pegunungan di Semarang, tepatnya berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Wisata alam Umbul Sidomukti Bandungan terletak di lereng sebelah selatan Gunung Ungaran pada ketinggian kurang lebih 1.200 mdpl, sebuah kawasan yang masih berada di wilayah Kabupaten Semarang.

Foto dari IG @mazayagalva

Foto dari IG @mazayagalva

Pada ketinggian ini bisa kamu bayangkan udara yang begitu sejuk akan memanjakan tubuhmu kan? Konon, jika kita mandi di mata air akan membuat kita menjadi awet muda. Yang menjadi daya tarik utama dari kolam renang yang satu ini yaitu adalah lokasinya. Ohya kamu juga bisa ngopi-ngopi di pondok Kopi Sidomukti sambil menikmati hijaunya pemandangan alam.

2.  Melihat Keindahan Candi Dan Berendam Di Pemandian Air panas Dalam satu tempat? Yuk ke Candi Gedong Songo Semarang.

Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran bagian selatan dengan ketinggian sekitar 1.200 m dari permukaan laut sehingga suhu udara di kawasan wisata ini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C). Suasana sejuk hawa pegunungan serta terbebas dari polusi udara akan menjadikan pengelaman tersendiri bagi kamu yang suka akan keindahan alam.

Disamping Candi Gedong Songo ada tempat wisata alamnya juga lho, yang wajib banget dikunjungi ketika kamu sedang berlibur ataupun jalan-jalan di kawasan wisata bandungan Semarang ini.

Sumber Foto Dari Ig hegartutonnov

Sumber Foto Dari Ig hegartutonnov

Disini ada 9 bangunan candi. Lokasi antara candi satu dengan candi yang lainnya tidak berdekatan sehingga dibutuhkan tenaga ekstra untuk menempuh jarak ratusan meter agar bisa melihat keseluruhan candi-candi yang ada. Tapi kamu gak perlu khawatir, meskipun nafas harus terengah-engah akan mudah terobati dengan udara segar bahkan keindahan alam yang terkadang bisa melihat secara dekat kabut dingin yang turun dari atas gunung lho.

Sumber Foto Dari Ig @diephaphuw

Sumber Foto Dari Ig @diephaphuw

Tapi kalo kamu gak kuat jalan jauh disini sudah tersedia penyewaan kuda yang bisa kamu sewa untuk membantu perjalanan kamu ditempat wisata ini. Nah ini yang spesialnya, disini juga terdapat tempat untuk istirahat sambil menyiram bahkan mandi dengan air hangat. Tepatnya di antara candi gedung 3 dan candi gedung 4, terdapat sebuah kepunden gunung dengan sumber air panas yang mengadung kadar belerang cukup tinggi. Sekedar informasi, bahwa dengan menyiram atau mandi dengan air hangat yang mengandung belerang ini bisa mengobati penyakit gatal-gatal maupun penyakit kulit lainnya.

4. Mengintip Indahnya Mentari Pagi Dilihat Dari Gunung Ungaran.

Untuk memperoleh panorama alam yang mempesona di Semarang, kamu wajib menjelajahi kawasan pinggiran daerah ini. Salah satunya adalah wilayah Ungaran dimana disana terdapat Gunung Ungaran yang menawarkan keindahan mentari pagi yang sangat eksotis.

gunung ungaran

Foto dari IG @awangnahardi

Buat traveler yang suka petualangan, trekking mendaki gunung adalah makanan favoritnya yang selalu ingin lagi dan lagi dilakukan. Gunung Ungaran adalah salah satu yang bisa mereka tuju apalagi gunung ini punya pemandangan matahari terbit yang manis. Gunung setinggi 2.050 mdpl ini bisa dicapai melalui tiga jalur yakni jalur Jimbaran, Medini, dan Candi Gedong Songo. Umumnya para pendaki akan melakukan start pada tengah malam dengan harapan mereka sampai di puncak sesaat sebelum matahari terbit.

4. Wisata Rasa Luar Negeri Di Wisata Alam Brown Canyon.

Brown Canyon terletak di daerah Rowosari Meteseh Tembalang Semarang, tempat yang lumayan jauh dari pusat keramaian kota Semarang. Sebenarnya sebutan nama Brown Canyon di Semarang ini adalah sebutan populer bagi para pengunjung lokasi ini. Kalau kita bertanya kepada kebanyakan penduduk sekitar, banyak dari mereka yang kurang familiar dengan sebutan itu, mereka lebih tahu dengan sebutan “Padas Keruk” (bekas bukit yang dikeruk, yang menyisakan tanah padas).

Foto dari IG samsulhuda21

Foto dari IG samsulhuda21

Jadi nama Brown Canyon mungkin artinya tebing-tebing seperti di Grand Canyon yang berwarna coklat padas. Nama Brown Canyon menjadi populer, mana kala pengunjung banyak yang mengunggah hasil foto-foto mereka di akun sosial media. Brown Canyon tadinya merupakan sebuah perbukitan yang sudah lebih dari 10 tahun dilakukan kegiatan pengerukan tanah urug, penggalian padas dan pasir. Jadi, tempat tersebut merupakan tempat sebagai proyek galian C. Karena tadinya setiap hari dalam sekian tahun dilakukan pengerukan dan pengambilan material, maka terbentuklah tekstur tebing yang unik yang mirip dengan “GRAND CANYON”.

5. Berwisata unik melihat miniatur rumah adat di Taman Wisata Puri Maerokoco.

Taman ini merupakan salah satu wisata di kota Semarang yang belum banyak diketahui orang. Sebagai Taman Mini Jawa Tengah, Puri Maerokoco terletak tidak jauh dan hanya 5 Km dari Tugu Muda Semarang tepatnya di jalan Yos Sudarso Semarang. Puri Maerokoco merupakan salah satu bagian dari Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan Jawa Tengah atau yang sering di kenal dengan PRPP.

Sumber Foto Dari Ig aslisemarang

Sumber Foto Dari Ig aslisemarang

Seperti yang telah dikenal masyarakat luas Taman Wisata Puri Maerokoco Semarang yang sebagai Taman Miniatur Jawa Tengah menghadirkan rangkuman Rumah Adat atau anjungan dari 35 Kabupaten dan kota madya yang ada di Semarang. Didalam rumah-rumah adat tersebut sudah dilengkapi dengan hasil-hasil industri serta kerajinan-kerajinan yang di produksi oleh masing-masing daerah lho. Taman Wisata Puri Maerokoco Semarang dibuka untuk umum mulai jam 08.00 hingga 18.00. Rute menuju Puri Maerokoco dapat dengan mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

6. Bukit Cinta Rawa Pening, Tempat Wisata Penuh Mitos dan Cerita Misteri.

Kadang bumbu-bumbu cerita misteri dan juga mitos menjadi salah satu magnet kuat untuk mendatangkan wisatawan ke suatu destinasi wisata. Begitu pula yang terjadi pada Bukit Cinta Rawa Pening, tempat ini bukan hanya menjual keindahan danaunya saja namun juga cerita-cerita mitos di dalamnya.

Sumber Foto Dari Ig ipulachyar

Sumber Foto Dari Ig ipulachyar

Bukit Cinta Rawa Pening terletak di Ambarawa, Kabupaten Semarang. Lokasinya bisa ditempuh selama 1 jam dari kota Semarang. Kawasan seluas 2.670 hektar ini memang menyajikan pemandangan alam yang sejuk dan indah untuk memanjakan mata kamu. Selain melihat keindahan alamnya kamu juga bisa buat tenda yang menghadap kedanau lho keren bukan? Danau ini selain menjadi tempat wisata juga sebagai mata pencaharian warga setempatnya. mereka biasa mencari ikan atau sejenisnya di danau ini.

Namun dibalik itu semua ada sebuah mitos yang berkembang. Usut punya usut Mitos tersebut menyebutkan bahwa pasangan kekasih yang bukan muhrim atau masih pacaran kemudian datang ke bukit ini maka akan mengalami putus cinta. Tapi semua kembali kediri masing-masing karena ini masih mitos, jadi kamu berani dateng kesini bareng si doi?

KLIK NEXT UNTUK LIHAT SELANJUTNYA

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Astri Erlina

In this life we cannot always do great things
But we can do small things with great love