Wisata Indonesia

Menanti Indahnya Golden Sunrise di Wisata Posong Temanggung

Written by Viona

Kesiniaja.com – Kabupaten Temanggung Jawa Tengah lebih dikenal sebagai penghasil tembakau, namun masih belum banyak yang tau bahwa Temanggung juga menyimpan keindahan alam yang memukau. Selain gunung kembar Sindoro dan Sumbing yang memang sudah lama menjadi jujugan para pecinta alam, ada satu wisata daerah pegunungan yang belum banyak diketahui wisatawan, yaitu wisata alam Posong.

Terletak padang savana kledung yang merupakan belahan tengah tengah antara Gunung Sindoro dan Sumbing dan dikelilingi hamparan perkebunan tembakau serta kebun sayuran milik warga membuat tempat ini semakin indah dipandang.

Tempat yang baru beberapa tahun ini diperbaiki dan ditata untuk dibuka secara umum ini adalah tempat yang sangat cocok untuk berburu sunrise atau matahari terbit. Bila kamu datang dalam cuaca yang cerah, kamu akan menemukan keindahan detik-detik munculnya matahari berwarna keemasan di sela kedua gunung yang dipadu dengan nuansa alam yang memukau, itulah Golden Sunrise yang bisa kamu saksikan dari Temanggung.

wisata posong

Foto dari IG @tirtaperwitasari

Bila beruntung, kamu akan melihat samudra awan pada paginya dan siangnya mendapatkan pemandangan bersih, bebas dari awan, dimana kamu akan melihat pemandangan 7 Puncak gunung sekaligus yaitu Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Ungaran, Muria, Sumbing dan Sindoro.

Foto dari IG @j_christiy

Foto dari IG @j_christiy

Dan yang lebih menyenangkan, kamu tidak perlu lelah-lelah berjalan kaki menuju Wisata Posong untuk melihat keindahan dari ketinggian, karena kamu dapat membawa kendaraanmu sampai lokasi parkir di Wisata Posong ini.

Keindahan lain juga akan ditemukan ketika cuaca cerah, kamu dapat mendirikan camp dan bermalam di sana, tentunya kamu akan disuguhkan pemandangan milky way di langit Temanggung pada malam harinya. Foto-foto keindahan Posong baik malam, sunrise maupun alamnya juga kini sudah mulai menghiasi instagram yang tentu saja makin menggugah minatmu untuk datang sendiri ke Wisata Posong.

Saat ini fasilitas di kawasan yang ada di Jl Raya Parakan Wonosobo KM9 Posong Kledung Temanggung beberapa gazebo disedialan untuk bersantai ria agar wisatawan semakin betah berlama-lama menikmati indahnya panorama di sekitaran wisata alam posong.

Selain gazebo, terdapat juga fliying fox di sekitaran area wisata Posong, dimana kamu bisa menikmati sensasi meluncur di sejuknya udara pegunungan yang di hiasi dengan hijaunya pepohonan dan area perkebunan masyrakat sekitar. Dan tentu saja disediakan fasilitas standar pendukung lain seperti toilet.

Bagaimana Cara Menuju Wisata Posong Temanggung?

Lokasi Wisata Posong sendiri sebenarnya tidak begitu jauh, hanya sekitar 30 menit dari pusat kota Temanggung menuju ke arah Wonosobo. Kalau kamu dari Alun-alun Temanggung ambil arah ke Wonosobo melewati Parakan, kamu harus hati-hati serta menyiapkan kendaraan yang prima untuk melewati jalur ini karena kondisi yang cukup menantang dengan medan jalan yang  berkelok-kelok dan rawan terjadi kecelakaan.

Ikuti saja terus jalan menuju wonosobo sekitar 5 – 7 KM dan kamu akan menemukan gerbang wisata alam posong yang berada di kanan jalan, tapi kamu harus tetap konsentrasi karena hanya ada gapura kecil bertuliskan Posong di kanan jalan.

Dari gapura tersebut kamu masih harus menempuh jalan perkampungan sekitar 15 menit sebelum sampai di camp area. Jadi setelah baca ulasan dan melihat gambaran keindahan Posong, kapan kamu berniat ke sana?

*credit foto: @wisnupurnomos
Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Viona

We travel, some of us forever, to seek other places, other lives, other souls.