Wisata Indonesia

Jangan Ngaku Pernah ke Semarang Kalau Belum Mengunjungi 9 Tempat Ini

Written by Feti Habsari

Kesiniaja.com – Pernah mengunjungi kota yang sudah menjadi kota metropolitan ini? Semarang kini semakin berkembang layaknya ibu kota yang dipenuhi oleh gedung-gedung bertingkat dan jumlah penduduk yang juga tinggi. Meski begitu, Semarang tidak pernah kehilangan pesona untuk menarik wisatawan kembali ke kota ini.

Bagi kamu yang pernah mengunjungi Kota Semarang, sebaiknya datang lagi deh kalau belum mengunjungi dan merasakan langsung tempat-tempat di bawah ini.

1. Menikmati Malam yang Syahdu dan Rindu di Simpang Lima

Malam di Simpang Lima | Foto dari panoramio.com

Malam di Simpang Lima | Foto dari panoramio.com

Simpang Lima merupakan pusat alun-alun dari Kota Semarang. Sebuah lapangan terbuka luas yang dikelilingi oleh beragam bangunan-bangunan tinggi ini merupkan landmark Kota Semarang. Saat malam menjelang, tempat ini disulap menjadi kawasan wisata seru dengan beragam fasilitas yang dapat dinikmati. Mulai dari sepeda, sepatu roda, becak dihiasi lampu aneka warna, hingga beragam makanan khas dari kota ini bisa kamu telusuri di sini.

2. Menyusuri Jejak-jejak Masa Lampau Gedung Seribu Pintu di Lawang Sewu

Foto dari seputarsemarang.com

Foto dari seputarsemarang.com

Bangunan bersejarah yang disebut-sebut memiliki seribu pintu ini masih terlihat megah dan eksotis. Gedung tua yang pernah menjadi lokasi pertempuran pemuda AMKA melawan Kompetai Jepang ini dimasukkan sebagai salah satu dari 102 bangunan bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi. Kini Lawang Sewu dibuka untuk umum sebagai tempat wisata sejarah. Meski disebut-sebut gedung tua ini mengandung mistis, tempat ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan terlebih saat musim liburan.

3. Wisata Religi di Masjid Agung yang Megah

Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang

Masjid ini meemiliki payung raksasa yang dapat terbuka di pelatarannya. Masjid yang dibangun dengan gaya Romawi ini memiliki 25 pilar bergaya koloseum yang dihiasi dengan kaligrafi indah. Bangunan megah ini selain disiapkan untuk tempat ibadah, juga digunakan sebagai objek wisata religi. Masjid ini dilengkapi dengan wisma yang memiliki 23 kamar bagi para peziarah yang ingin bermalam. Yang menjadi daya tarik masjid ini adalah Menara Al Husna dengan ketinggia 99 meter. Di bagian bawah menara ini terdapat Studio Radio Dais, sedangkan di lantai 2 dan 3 digunakan sebagai Museum Kebudayaan Islam. Di Lantai 18 terdapat Kafe Muslim yang dapat berputar 360 derajat. Dan pada lantai 19 yang digunakan sebagai menara pandang dilengkapi dengan 5 teropong yang dapat digunakan untuk melihat Kota Semarang dari ketinghian.

4. Berpose di Depan Pagoda Watugong

Foto dari anehnya.com

Foto dari anehnya.com

Ikon yang paling terkenal dan menarik pengunjung adalah Pagoda Avalokitesyara atau yang biasa disebut Pagoda Metakaruna yang artinya pagoda cinta dan kasih sayang. Kemegahan bangunan pagoda yang memiliki ketinggian 45 meter ini mampu menarik pengunjung untuk mampir sejenak mengunjungi tempat ibadah yang akhir-akhir ini juga tengah ramai dijadikan tempat wisata.

5. Mengagumi Patung Laksamana Cheng Ho Tertinggi di Dunia Milik Klenteng Sam Poo Kong

Foto dari nasional.harianterbit.com

Foto dari nasional.harianterbit.com

Sam Poo Kong atau yaang dikenal sebagai Kelenteng Gedung Batu didominasi warna merah dan sejumlah lampion yang menghiasi seluruh banhunan dan wilayah ini. Tempat ini mampu menarik perhatian banyak pengunjung. Di halaman yang cukup luas terdapat sejumlah patug yang cukup menarik untuk dinikmati. Juga sering diadakan beragam atraksi kesenian. Sam Poo Kong mulai dikenal luas di dunia berdasarkan banyaknya turis asing terlebih dari China yang mengunjungi tempat ini.

Klik Disini Untuk Melanjutkan Ke Halaman Berikutnya.

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Feti Habsari

Traveller, Blogger, Bibliophile, Chemist.