Terkini Wisata Mancanegara

9 Alasan Kenapa Kamu Harus Mendaki Gunung Kinabalu di 2017

Written by Hilal Guswati

Kesiniaja.com – Ingin mencoba wisata yang berbeda dan menantang saat berkunjung ke Malaysia? Gunung Kinabalu bisa menjadi opsi yang tepat. Tak perlu khawatir akan kerepotan mengurus pendakian dengan segala logistiknya yang banyak dan berat. Malahan, dijamin kamu akan nyaman saat mendaki.

Penasaran kenapa bisa begitu nyaman di sana? Inilah beberapa alasan mengapa kamu wajib mencantumkan Gunung Kinabalu dalam travel list kamu di 2017 ini. Yuk simak!

1. Berada Menjulang Tinggi di Borneo

Bagi kamu yang belum tau di mana keberadaannya, Gunung Kinabalu menjulang dengan gagahnya di Borneo (Pulau Kalimantan). Meskipun demikian, gunung megah ini termasuk ke dalam wilayah Sabah, Malaysia. Letaknya yang berada di perbatasan Indonesia—Malaysia ini, tetap menjadikan gunung ini sebagai yang tertinggi di Borneo, dengan ketinggian 4.095 meter di atas permukaan laut (MDPL).

2. Lupakan Untuk Membebani Pendakianmu dengan Tenda

Tenda merupakan peralatan yang cukup membebani saat pendakian. Namun berbeda halnya saat mendaki Gunung Kinabalu, kamu tak perlu repot-repot membawa tenda. Sebab di sini tidak diperbolehkan membangun tenda, melainkan kamu harus tidur di dormitory yang sudah disediakan.

Foto: mountkinabalu.com

Selain aman, tidur di atas kasur empuk lengkap dengan selimutnya yang super nyaman. Segera ucapakan “selamat tinggal” untuk ancaman tenda diterjang badai atau rembes karena air hujan. Kamu dijamin bisa tidur nyenyak dan bangun dengan kondisi badan yang fit kembali.

3. Bisa Makanan Super Enak tanpa Harus Memasak Terlebih Dulu

Satu hal yang terkadang membuat kita malas saat pendakian adalah harus memasak di saat kondisi sudah kelelahan dan kelaparan. Tapi, hal itu tak akan kamu rasakan saat mendaki Gunung Kinabalu. Tak perlu lagi membawa kompor dan nesting, tak perlu lagi bosan dengan menu mie instan.

Mulai dari nasi, steak, telor dadar, ayam goreng, ikan fillet, sereal hingga pencuci mulut macam roti, pancake, pudding dan buah-buahan siap untuk dilahap. Di pendakian hari pertama kamu bisa makan di Guesthouse Laban Rata, dan selama pendakian kamu ditanggung makan hingga 5 kali.

4. Tidur di Resthouse pada Ketinggian 3.000 MDPL

Para pendaki, pernahkah kamu membayangkan nikmatnya tidur di kasur empuk saat kondisi capek-capeknya menuju puncak? Inilah yang akan kamu rasakan saat mendaki Gunung Kinabalu. Kasur empuk menantimu di ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut. Wow!

Tak hanya untuk beristirahat, di resthouse ini juga kamu akan menikmati makanan prasmanan. Selain itu, di sini juga terdapat ruangan di mana para pendaki dan guide berkumpul. Tak ketinggalan, tersedia makanan, minuman dan benda lain yang bisa kamu beli.

5. Keberadaan Sinyal Internet dan Sumber Listrik

Asyiknya jika sedang berada di ketinggian semua gadget berbaterai penuh begitu pula dengan sinyalnya. Mungkin inilah impian para pendaki yang kerap eksis di media sosial. Tetapi, hal tersebut bukan sekadar impian saat kamu mendaki Gunung Kinabalu. Tak percaya?

Foto: mountkinabalu.com

Bahkan di ketinggian 3.000 meter, kamu masih dapat menggunakan internet lho! Mau mengisi baterai gadget? Perkara mudah, stop kontak berderet di renthouse yang akan memanjakanmu dengan pasokan listrik yang melimpah. Tidak perlu lagi yang namanya, mendaki gunung dengan mengirit baterai.

6. Tempat Sampah dan Toilet Banyak Tersedia

Kamu tak perlu lagi kesulitan saat buang air di tengah pendakian. Tersedianya beberapa toilet yang berupa pos akan memudahkan kamu. Tak hanya itu, tempat sampah pun banyak tersedia di beberapa titik. Sangat membantumu untuk mengurangi beban pendakian, bukan?

7. Peraturan yang Serba Tertib dan Informatif

Dikarenakan sistem pendakian yang sangat tertib, kamu harus memiliki izin pendakian dan mendaftar jauh-jauh hari, kemudian memilih paket pendakian yang ada, yakni 2 hari dan 3 hari. Dilarang membangun tenda, menambah hari pendakian, diwajibkan memulai pendakian pada pukul 08.00—10.00 dan summit pada 01.30—02.00 adalah beberapa peraturan lain yang diberlakukan.

8. Para Pendaki Mendapatkan Sertifikat dan Medali

Kerennya lagi, pendaki akan diberikan ID Card yang tercantum nama, tanggal pendakian dan kode yang nantinya akan digunakan untuk penukaran kunci kamar. Jika ingin memperoleh sertifikat, kamu harus membayar 10 ringgit Malaysia (sekitar Rp. 30 ribu) sedangkan medali seharga 25 ringgit Malaysia (sekitar Rp. 75 ribu). Semua itu menarik untuk dijadikan sovenirmu saat pulang nanti.

9. Panorama Gunung Kinabalu yang Memukau

Pemandangan di gunung yang menjadi World Heritage Site ini memang tak diragukan lagi. Semua fasilitas yang serba memadai sekaligus mempermudah para pendaki untuk menikmati Gunung Kinabalu dari berbagai sisi. Mulai dari keindahan ketinggian dari balkon resthouse, sampai puncaknya yang terdiri dari batuan sedimen yang terlihat gagah.

Merasa terpukau dengan segala fasilitas yang jarang kamu temui saat mendaki gunung pada umumnya? Segera jadwalkan pendakianmu di 2017 ini dan nikmati keseruan di Gunung Kinabalu!

Foto featured: mountkinabalu.com

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Hilal Guswati