Wisata Mancanegara

Belajar Sejarah Dari Negeri Seribu Pagoda

Written by Gilang
Kota Tua Sukhothai

Kota Tua Sukhothai

Kesiniaja.com – Thailand dikenal sebagai Negeri Seribu Pagoda di Asia Tenggara. Negara ini memiliki sejumlah destinasi wisata budaya untuk melihat kuil, salah satunya di Sukhothai Historical Park. Ibu kota abad pertengahan Sukhothai sekarang terletak pada reruntuhan indah Sukhothai Historical Park. Di sini terdapat banyak kuil yang menampilkan dekorasi unik bergaya Sukhothai dengan perpaduan antara Kamboja dan Sri Langka.

Sukhothai Historical Park memiliki luas 70 km persegi yang dibagi menjadi lima zona. Zona pusat merupakan bagian kerajaan kota dan merupakan prioritas utama yang harus dikunjungi. Damai adalah kata yang paling mencerminkan kota ini. Hampir tak terbayang kalau ratusan tahun silam, tepatnya pada abad ke-13, Sukhothai menyandang gelar sebagai ibukota Thailand. Ke mana perginya hiruk pikuk ibukota? Jangankan Bangkok, Sukhothai lebih mirip kota tua yang tertinggal. Tetapi bekas reruntuhan itu menyiratkan kejayaan.

Raja yang menyulap Sukhothai menjadi ibukota Thailand bernama Ramkhamhaeng. Ialah yang menciptakan alfabet Thailand, sekaligus mendirikan pondasi politik dan agama di Negeri Gajah Putih itu. Nama Sukhothai punya makna yang cantik: “terbitnya kebahagiaan”. Makna ini tak main-main. Sukhothai bertahan jadi ibukota Thailand selama 120 tahun, lintas generasi.

Save

Komentar Anda:
Mau Jalan-Jalan Gratis ke Jogja?
Daftarkan emailmu melalui form dibawah ini untuk informasi lengkapnya.
We respect your privacy

About the author

Gilang

Do It Yourself

Leave a Comment