Sungai Cikahuripan

Sungai Cikahuripan
Sungai Cikahuripan - Sofyanhotel

Kesiniaja.com – Sungai Cikahuripan adalah satu objek wisata bersejarah dan memiliki keindahan yang tidak kalah dengan Green Canyon. Nama sungai Cikahuripan sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti air yang memiliki kehidupan, konon para warga di sekitar sungai tersebut percaya bahwa air sungai tersebut memiliki berbagai macam manfaat terutama dalam hal pengobatan.

Sungai Cikahuripan – Sofyanhotel

Keindahan Sungai Cikahuripan bukan berasal dari jernihnya air sungai namun tetapi bebatuan yang tersebar di sekitar sungai, serta dua buah tebing yang menjulang tinggi mengapit aliran sungai yang mirip dengan Green Canyon. Sungai ini juga terbilang dangkal karena hanya memiliki kedalaman sekitar 4 meter saja, aliran sungainya juga tidak deras. Hal ini membuat Sungai Cikahuripan ini dimanfaatkan sebagai destinasi wisata mengenal sungai purba. Hanya dengan menggunakan pelampung saja anda dapat berkeliling aliran sungai tersebut.

Sejarah

Sungai Cikahuripan ini merupakan situs purba yang dulunya termasuk dalam aliran Sungai Citarum. Pada 1989 pembangunan Waduk Saguling yang mulai beroperasi mengakibatkan terputusnya aliran air sungai. Sekarang Sungai Cikahuripan hanya terisi oleh air hujan, air tanah dan air dari tebing.

Sungai Cikahuripan – Sofyanhotel

Fasilitas

Fasilitas yang diberikan tempat wisata ini masih cukup minim. Fasilitasnya hanya meliputi tempat parkir, musholla, dan juga toilet yang berada di sekitar pintu masuk. Serta ada juga warung jajanan yang dapat kamu temui di sepanjang jalur menuju lokasi sungai ini. Jika kamu kelelahan saat berjalan menuju tempat ini, kamu dapat rehat sejenak di salah satu warung tersebut sambil membeli jajanan untuk mengisi perut kamu ataupun melepas dahaga selama perjalanan. Tempat sampah di sungai ini belum tersedia, jadi disarankan untuk para pengunjung jangan buang sampah sembarangan agar kelestarian tempat ini terjaga. Apabila anda ketempat ini sebaiknya kamu membawa sampah kamu sampai kamu menemukan tempat sampah.

Sungai Cikahuripan – mataanginsaguling

Lokasi dan Rute

Sungai Cikahuripan yang merupakan anak dari Sungai Citarum purba berlokasi di daerah Kabupaten Bandung Barat, Kecamatan Saguling. Rute untuk menuju ke sungai ini sama seperti jika anda pergi ke Waduk Saguling di Rajamandala, jalan yang harus di tempuh untuk ke tempat ini masih berbatu, sehingga anda harus berhati-hati saat berjalan.

Harga

Untuk harga tiket ke sungai Cikahuripan adalah 10 ribu perorang, 5 ribu untuk parkir motor, 20 ribu untuk mobil dan bus serta untuk menyewa pelampung anda harus menyiapkan uang sebesar 15 ribu rupiah saja. untuk jam buka tempat wisata ini mulai pukul 06:00 WIB sampai 18:00 WIB.