Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo - dakatour

Kesiniaja.com – Taman Nasional Komodo ini terdiri dari 3 pulau besar, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar, serta pulau-pulau kecil lainnya. Objek wisata ini memiliki luas keseluruhan mencapai 1.8187 km persegi.

Pulau-pulau ini menjadi tempat hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Komodo sendiri adalah spesies kadal terbesar di dunia, dengan panjang rata-rata 2-3 meter dengan berat tubuh setidaknya 90kg. Terhitung sampai Agustus 2009, di Pulau Komodo sendiri setidaknya ada sekitar 1.300 ekor komodo. Di tambah dengan pulau lainnya jumlah mereka secara keseluruhan bisa mencapai angka 2.500 ekor. Tidak hanya itu, Pulau Komodo ini termasuk salah satu dari 7 keajaiban dunia dari hasil voting pada 2011 dan juga masuk dalam sepuluh besar destinasi terbaik dunia di majalah National Geographic edisi Juli 2017.

Taman Nasional Komodo – tirtoid

Tidak hanya komodo, tempat wisata ini juga memiliki beragam spesies satwa yang tidak kalah menakjubkan, ada sekitar 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, 37 spesies reptil, dan juga 25 spesies hewan darat. Para wisatawan tentu tidak akan ada bosannya melihat keberagaman satwa yang dihadirkan.

Taman Nasional Komodo yang terdiri dari pulau-pulau tentunya dipisahkan oleh laut. Tak hanya keindahan di darat, Taman Nasional Komodo juga memiliki kehidupan bawah laut yang menakjubkan. Banyak sekali kekayaan laut yang tentu saja bisa memanjakan mata. Diantaranya ada 385 spesies karang, 70 jenis bunga karang, 10 jenis lumba-lumba, 6 jenis paus, penyu hijau, berbagai hiu, dan ikan pari.

Sejarah

Tempat ini dinyatakan sebagai Cagar Manusia dan Biosfer pada tahun 1977, lalu pada 6 Maret 1980 ditetapkan sebagai Taman Nasional Komodo. UNESCO juga menyatakan taman ini merupakan Situs Warisan Dunia pada tahun 1991, Simbol Nasional oleh Presiden RI pada 1992, Kawasan Perlindungan Laut pada tahun 200, dan juga sebagai salah satu Taman Nasional Model di Indonesia pada tahun 2006.

Fasilitas

Fasilitas umum yang disediakan di Taman Nasional Komodo ini cukup memadai dengan adanya toilet dan juga area parkir. Terdapat juga penyewaan kapal dan pemandu wisata untuk wisatawan yang tertarik, dan juga resort untuk bermalam.

Pulau Komodo – tribunkaltim

Lokasi dan Rute

Taman Nasional Komodo ini berlokasi di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores di kepulauan Indonesia Tengah, termasuk dalam Wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Rute menuju Taman Nasional Komodo ini dapat dilakukan menggunakan pesawat ataupun kapal. Untuk naik pesawat dari Jakarta bisa langsung menuju Labuan Bajo, dengan transit terlebih dahulu di Denpasar. Umumnya menghabiskan biaya Rp1.000.000-Rp3.000.000 tergantung maskapai.

Bisa juga menggunakan kapal Pelni yang singgah ke Labuan Bajo seperti KM Kelimutu, KM Wilis, KM Tilongkabila, dan KM Sirimau. Menggunakan Pelni ini bisa dari Jakarta, Surabaya, dan Semarang dengan biaya sekitar Rp300.000 saja

Pulau Padar, Labuan Bajo – mypermatawisata

Harga

Untuk memasuki Taman Nasional Komodo dibedakan harga untuk wisatawan domestik/Warga Negara Indonesia (WNI) dan wisatawan mancanegara/Warga Negara Asing (WNA), harganya pun berbeda juga saat weekend dan weekday.

Tiket masuk untuk wisatawan domestik saat weekday adalah Rp5.000 dan weekend Rp7.500. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara diberi tarif masuk Rp150.000 ketika weekday dan Rp225.000 ketika weekend.

error: