Kompleks Piramida Giza – Mesir

Kompleks Piramida Giza - thegreatcoursesdaily

Kesiniaja.com – Kompleks Piramida Giza atau biasa disebut Nekropolis Giza adalah salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang sudah ditetapkan oleh UNESCO. Kompleks Piramida Giza ini berlokasi di Al Haram, Giza, Mesir. Kompleks piramida ini pertama kali dibangun pada tahun 2589 SM sebagai makam dari raja-raja Mesir saat itu. Masyarakat Mesir kuno percaya bahwa ketika raja mereka meninggal lalu dimakamkan di dalam piramida, maka dapat memudahkan mereka di alam setelah kematian.

Seperti namanya, Kompleks Piramida Giza ini terdiri atas tiga piramida utama yaitu Piramida Khufu, Piramida Khafre, dan Piramida Menkaure. Selain ketiga piramida tadi, terdapat juga beberapa piramida kecil, kuil, dan patung. Salah satunya dan yang paling terkenal adalah Patung Sphinx.

Kompleks Piramida Giza – earthtrekkers

Piramida Khufu atau biasa dikenal dengan Piramida Agung adalah piramida tertua sekaligus piramida terbesar diantara ketiga piramida yang lain. Piramida ini dibuat sebagai makam dari Raja Khufu, raja kedua dari dinasti keempat Kerajaan Mesir Kuno. Tinggi piramida ini sekitar 146 meter dan tersusun atas 2,5 juta blok batu yang masing-masing batunya seberat dua sampai tujuh puluh ton. Sedangkan Piramida Khafre, piramida terbesar kedua, memiliki panjang 215 meter dan tinggi 136,4 meter. Piramida Menkaure, yang terkecil, memiliki tinggi asli 65,5 meter dan dasar 105 meter. Selain piramida, terdapat juga sebuah patung manusia setengah singa bernama Sphinx yang dianggap sebagai penjaga makam raja-raja Mesir. Sphinx merupakan patung tertua dan terbesar yang sudah dibuat sejak tahun 2558 SM.

Spinx – khufuegypttours

Kompleks Piramida Giza ini terletak di tengah gurun pasir yang berjarak 8 kilometer dari Kota Giza. Waktu terbaik untuk mengunjungi situs bersejarah ini adalah pada bulan Desember hingga Februari agar cuaca lebih sejuk. Jika menggunakan transportasi umum dari Kota Kairo, wisatawan dapat menaiki kereta metro lalu turun di stasiun Giza. Setelah itu melanjutkan perjalanan menggunakan Tremco (angkutan kota di Mesir) lalu turun di kawasan Kompleks Piramida Giza.

Tiket masuk ke dalam Kompleks Piramida dikenakan biaya 80 EGP atau sekitar Rp60.000 per orang. Karena Kompleks Piramida Giza ini begitu luas, untuk mengelilinginya membutuhkan waktu setidaknya 4 hingga 5 jam. Jika lelah, banyak sekali unta yang disewakan untuk mengantarkan para wisatawan menuju situs yang dituju. Harga untuk menyewa unta tidak pasti karena sesuai dengan kesepakatan tawar-menawar antar penyewa dan pengunjung. Selain berkeliling, wisatawan juga dapat memasuki piramida. Namun dengan biaya tambahan sekitar 40–200 EGP atau setara dengan Rp30.000–Rp120.000 per orang.