Museum Louvre

Museum Louvre
Museum Louvre - wikimedia

Kesiniaja.com – Museum Louvre merupakan museum seni yang paling banyak dikunjungi dan monumen bersejarah terbesar di dunia. Pada tahun 2019 setidaknya ada 9,6 juta wisatawan berkunjung ke museum ini. Memiliki area seluas 72.735 meter persegi, setidaknya ada 460.000 objek dan 38.000 benda dari zaman prasejarah yang dipamerkan di museum ini.

Sejarah

Awalnya Istana Louvre merupakan benteng yang dibangun pada abad ke-12. Istana tersebut akhirnya ditetapkan sebagai museum seni oleh Majelis Nasional Prancis pada tahun 1793 dengan menampilkan 537 koleksi lukisan. Karya yang dipamerkan mayoritasnya adalah properti gereja dan kerajaan yang disita oleh Pemerintah prancis. Museum ini juga pernah ditutup dari tahun 1796 sampai tahun 1801 karena masalah struktural bangunan.

Patung Koleksi Louvre – medium (ilmahidayati)

Fasilitas

Museum ini memiliki koleksi yang di bagi menjadi delapan departemen kuratorial yaitu Koleksi Mesir kuno, benda purbakala dari Timur Dekat, Yunani Etruskan dan Romawi, Seni Islam, Patung, Seni Dekoratif, Seni Lukis, Cetakan dan Seni Gambar. Museum ini juga mengoleksi berbagai benda bersejarah dari belahan dunia, diantaranya ada karya-karya yang populer seperti lukisan-lukisan Leonardo Da Vinci, termasuk Mona Lisa.

Baca juga: Mengelilingi Museum Louvre Melalui Virtual Tour

Koleksi Louvre – travelioz

Lokasi dan Rute

Museum ini berlokasi di Istana Louvre, Rive Droite Seine, Paris, Prancis. Rute menuju museum ini bisa dengan kereta bawah tanah bisa dengan mengambil jalur metro L1 atau L7 dan turun di Stasiun Palais Royal Musse De Louvre. Jika naik bus maka bisa memilih Bus Paris Hop On Hop Off dan bus kota 21, 24, 27, 39, 48, 68, 69, 72, 81, 95 yang berada di pintu masuk Museum Louvre. Jalan untuk masuk ke museum ini bisa melalui Louvre Pyramid (pintu masuk utama), Carrousel de Louvre (mall bawah tanah), dan Porte des Lions (ujung barat Denon wing).

Harga

Museum ini buka dari jam 9:00 sampai jam 18:00 setiap Senin, Kamis, Sabtu, dan Minggu. Pada hari Rabu dan Jumat museum ini buka jam 9:00 dan tutup jam 21:45. Harga tiket masuk museum Louvre adalah €17 atau sekitar Rp288.000 tanpa panduan audio, dan setiap hari Minggu pertama setiap bulan digratiskan.

error: