Benteng Otanaha – Gorontalo

Benteng Otanaha - wartawisata

Kesiniaja.com – Benteng Otanaha adalah benteng yang dibangun sekitar tahun 1522 dan menjadi bukti kedatangan Portugis di Indonesia. Benteng tersebut berlokasi di atas bukit di Kelurahan Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Benteng dengan tinggi 7 meter dan diameter 20 meter ini dibangun hanya dari pasir, batu kapur, dan telur burung maleo sebagai perekatnya.

Benteng Otanaha – backpacker jakarta

Nama Otanaha sendiri berasal dari bahasa setempat. Oto berarti benteng dan Naha merupakan nama anak dari Raja Ilato yang menemukan benteng ini. Dahulu benteng ini dibuat atas kesepakatan Raja Ilato dengan bangsa Portugis sebagai benteng pertahanan, namun akhirnya bangsa Portugis tidak menepati kesepakatan itu dan berniat untuk mengambil alih Gorontalo. Raja Ilato beserta masrakyat Gorontalo pun berakhir memerangi Bangsa Portugis demi mempertahankan Gorontalo, setelah Portugis berhasil diusir benteng ini digunakan sebagai benteng pertahanan oleh raja-raja selanjutnya.

Benteng ini memiliki 4 tempat persinggahan untuk sampai pada puncaknya. Dari bawah sampai tempat persinggahan pertama terdapat 52 anak tangga, persinggahan kedua terdapat 83 anak tangga, persinggahan ketiga terdapat 53 anak tangga, dan persinggahan keempat terdapat 89 anak tangga. Jumlahnya ada 348 buah anak tangga untuk menuju lokasi Benteng Otanaha di atas bukit. Benteng Otanaha ini memiliki 3 bangunan yaitu Otanaha, Otahiya, dan Ulupahu.

Benteng Otanaha – sumber

Tempat wisata ini juga memiliki taman untuk bersantai dan pondok-pondok untuk meneduh, ada juga spot-spot strategis untuk para pengunjung mengambil foto. Benteng Otanaha ini dibuka mulai dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore dengan tarif tiket masuk hanya seharga Rp5.000 saja. Rute menuju Benteng Otanaha dari Kota Gorontalo dapat melalui Danau Limboto dengan berjalan sekitar 30 menit melewati pinggiran danau tersebut.