Danau Toba – Sumatra Utara

Danau Toba - disbudparsumutprov

Kesiniaja.com – Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di dunia, sekaligus danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Luasnya mencapai 1.145 kilometer persegi dengan kedalaman 505 meter. Danau ini terletak di tengah-tengah Provinsi Sumatra Utara dan dikelilingi tujuh kabupaten yaitu, Kabupaten Samosir, Simalungun, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, Toba Samosir, dan Tapanuli Utara.

Danau Toba terbentuk dari letusan dahsyat Gunung Toba pada 73.000 tahun lalu. Setelah meletus, gunung ini membentuk kaldera yang kemudian terisi air. Kaldera inilah yang sekarang kita kenal sebagai Danau Toba. Siapa sangka, letusan mematikan puluhan ribu tahun lalu ternyata menghasilkan keindahan yang luar biasa.

Terdapat berbagai cara untuk menikmati keindahan danau terbesar di Indonesia ini. Bagi wisatawan yang gemar melakukan pendakian atau tracking, dapat mengunjungi Bukit Holbung yang terletak di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Wisatawan hanya perlu melakukan pendakian selama 10 sampai 15 menit untuk menikmati keindahan Danau Toba dari puncak Bukit Holbung. Biaya masuk ke Bukit Holbung juga tergolong terjangkau yaitu hanya Rp5.000 saja.

Pemandangan Danau Toba dari puncak Bukit Holbung – visitsamosir

Menikmati indahnya Danau Toba juga dapat dilakukan dengan mengeksplorasi wisata airnya. Lokasi wisata air di Danau Toba yang tidak kalah kerennya adalah Air Terjun Situmurun Binangalom. Air terjun ini sangat unik karena aliran airnya langsung jatuh ke Danau Toba. Wisatawan harus menyusuri Danau Toba menggunakan kapal motor untuk mencapainya. Wisatawan dapat menyewa kapal motor ini di Pelabuhan Tigaraja atau Pelabuhan Ajibata dengan biaya sekitar Rp500.000.

Air Terjun Situmurun Binangalom – pariwisatasumut

Bagi wisatawan yang membawa keluarga atau anak kecil, dapat mengunjungi Bukit Indah Simarjarunjung. Di lokasi ini, wisatawan dapat bersantai dan berfoto dengan latar Danau Toba yang indah. Selain itu, Bukit Indah Simarjarunjung juga menawarkan berbagai wahana yang tidak kalah menarik. Wisatawan dikenakan tarif yang berbeda-beda tergantung wahana apa yang dinaiki.

Pemandangan Danau Toba dari Bukit Indah Simarjarunjung – sartikasamosir

Untuk mencapai Kawasan Wisata Danau Toba, wisatawan dari dalam Sumatra Utara dapat datang menggunakan jalur darat seperti bus atau kendaraan pribadi. Bagi wisatawan dari luar Sumatra Utara dapat menggunakan penerbangan ke Bandara Silangit lalu melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi darat selama kurang lebih 3 jam.