Pulau Fraser

Pulau Fraser
Pulau Fraser - anekatempatwisata

Kesiniaja.com – Pulau Fraser merupakan salah satu pulau terunik dan pulau pasir terbesar di dunia. Memiliki panjang 123 kilometer dan lebar 22 kilometer, pulau ini juga memiliki hutan hujan di atas bukit pasir yang berada lebih dari 200 meter di atas permukaan laut.  Pulau Fraser ini juga termasuk dalam Taman Nasional Great Sandy.

Pulau Fraser sering dicap sebagai pulau yang mematikan lantaran menjadi rumah anjing ras dingo yang berasal dari Australia itu. Hiu putih dan ubur-ubur beracun di perairannya juga menjadi alasan kenapa pulau ini berbahaya dan tidak begitu sering dikunjungi wisatawan. Meski begitu Pulau Freser tetap menjadi tempat kunjungan wisata yang unik dan diminati oleh orang-orang yang penasaran dengan keindahannya.

Kingfisher Bay Resort – booking

Sejarah

DUlunya pulau ini disebut sebagai “Pulau Pasir Besar” dan dihuni oleh orang Aborigin. Mereka telah menduduki pulau ini sejak 5.000 tahun yang lalu dan menjuluki pulai ini sebagai Kigari yang berarti surga dalam bahasa ibu mereka. Pulau ini memiliki penduduk sekitar 400-600 jiwa sebelum kedatangan Eropa pada abad ke-18. Orang Inggris pertama yang tiba di pulau ini adalah Kapten James Fraser dan istrinya Eliza Fraser, mereka tiba secara tidak sengaja karena kapal karam. Kapten James Freser meninggal di pulau itu, namun istrinya diselamatkan dan kembali ke Inggris. Setelah kembali ke Inggris Eliza Fraser pun menceritakan kisahnya di pulau itu, sehingga kini pulau itu dinamai Fraser yang berasal dari nama James Fraser dan Eliza Fraser.

Fasilitas

Memiliki pasir lembut pulau ini sangat cocok untuk kendaraan 4WD, sejumlah tur pun menyediakan kendaraan ini. Bisa juga menyewa kendaraan 4WD sendiri di pulau atau di Harvey Bay, dan untuk pengunjung yang belum pernah berkendara diatas pasir, Aussie Trax 4WD Hire menyediakan kursus singkat di Kingfisher Village. Rute yang biasa dilalui adalah area 75 Mile Beach yang berpasir luas. Namun bisa juga melalui jalur Central Lakes dengan melewati barisan pohon satinay di Pile Valley, Lake McKenzie, juga pemandangan Lake Wabby dan Stonetool Sandblow yang menjadi daya tarik rute ini.

75 Mile Beach – frasertours

Pulau Fraser juga menyediakan beberapa tempat untuk bermalam di pulau ini, seperti hotel ataupun kemah. Di Kingfisher Bay Resort terdapat beberapa tempat bermalam seperti hotel bintang empat, vila pribadi, dan juga pondok pantai. Untuk pengunjung yang ingin berkemah maka bisa menyewa peralatan berkemah saat menyewa kendaraan 4WD juga. Tempat-tempat yang ramai dijadikan lokasi berkemah yaitu di balik gumuk pasir Eastern Beach atau Western Beach.

Lokasi dan Rute

Pulau ini terletak di timur Australia, 200 kilometer utara Brisbane, Queensland.  Pulau ini berjarak sekitar 300 kilometer ke utara Brisbane dan 15 kilometer di lepas pantai Harvey Bay dan Maryborough. Untuk mencapai Pulau Freser dapat menggunakan penerbangan Virgin Australia dan QantasLink dari Sydney, Melbourne, dan Brisbane menuju Fraser Coast. Bisa juga menumpang kapal feri dengan perjalanan 50 menit menuju Pulau Fraser.

error: