Sedlec Ossuary

Sedlec Ossuary - exutopia

Kesiniaja.com – Sedlec Ossuary atau biasa disebut Gereja Tengkorak adalah salah satu wisata religi terkenal yang berlokasi di Sedlec, pinggiran Kutna Hora, Republik Ceko. Tercatat, sekitar 200 ribu pengunjung hadir setiap tahunnya di Gereja Tengkorak ini.

Lampu gantung di Sedlec Ossuary – argophilia

Sejarah

Alasan mengapa gereja ini penuh dengan tengkorak manusia berawal pada tahun 1278, saat Raja Bohemia mengirim Pendeta dari Biara Sedlec Cistercian ke Yerusalem. Ketika kembali, Pendeta itu membawakan sebuah stoples berisi tanah dari Golgotha, tempat Yesus disalib. Tanah ini dianggap suci oleh masyarakat saat itu. Tanah ini pun disebarkan di area pemakaman di Sedlec atas perintah Raja Bohemia. Sejak saat itu, banyak orang dari berbagai tempat yang ingin memakamkan kerabatnya di Sedlec. Hal ini menyebabkan pemakaman di Sedlec penuh dan harus dilakukan pelebaran. Pada abad ke 15 sebagian tengkorak dan tulang yang sudah tidak mampu ditampung oleh pemakaman, diletakkan di ruang bawah tanah Gereja Sedlec Ossuary.

Selama berabad-abad tulang di ruang bawah tanah Gereja Sedlec Ossuary dibiarkan begitu saja. Hingga akhirnya pada tahun 1870 seorang perajin kayu, Frantisek Rint, dipercaya untuk mendekorasi ruangan itu. Rint mengubah tulang-tulang yang menyeramkan tadi menjadi karya seni yang indah.

Fasilitas

Penampilan luar dari Sedlec Ossuary tampak sederhana, seperti kapel pada umumnya. Namun, jika kita masuk lebih dalam dan menuju ruang bawah tanahnya, kita akan disuguhi pemandangan 40.000 tulang manusia. Hampir seluruh dinding dan sudut Sedlec Ossuary dihias dengan tulang manusia. Salah satu karya yang paling memikat para turis adalah lampu gantung besar dan lambang keluarga Schwarzenberg yang terbuat dari tengkorak.

Lambang Keluarga Schwarzenberg – travelawaits

Lokasi dan Rute

Gereja Sedlec Ossuary ini terletak di Sedlec, pinggiran Kutna Hora, Republik Ceko. Wisatawan dari Praha memerlukan waktu kurang lebih 1 jam untuk mencapai Gereja Sedlec Ossuary. Wisatawan hanya perlu menaiki kereta cepat dari Stasiun Prague Hlavni Nadrazi lalu turun di Stasiun Kutna Hora Hlavni Nadrazi. Dari stasiun tersebut, perjalanan disambung dengan menggunakan kereta lokal menuju Stasiun Kutna Hora-Sedlec.

Harga dan Jam Operasional

Saat memasuki wilayah Sedlec Ossuary wisatawan dikenai biaya sebesar 90 CZK atau Rp65.142 untuk orang dewasa dan 60 CZK atau Rp43.428 untuk anak-anak. Anda dapat mengunjungi lokasi ini sejak pukul 10.00–17.00 waktu setempat.

error: