Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken - thalassamanado

Kesiniaja.com – Taman Nasional Bunaken adalah salah satu taman laut dengan biodiversitas tertinggi di dunia. Kawasan berukuran 89.065 hektare ini terdiri atas 97% lautan dan 3% daratan. Taman Nasional Bunaken terletak di Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya di ujung bagian timur laut Sulawesi. Pulau yang termasuk ke dalam Taman Nasional Bunaken adalah Pulau Bunaken, Pulau Mantehage, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, Pulau Nain, serta berbagai anak pulau yang ada di sekitar pulau utama tersebut.

Taman Nasional Bunaken – proyek-jupiter

Taman Nasional Bunaken juga terletak di tengah-tengah coral triangel atau segitiga karang. Terumbu karang pada tempat ini sangat beragam, terdiri dari sekitar 390 spesies karang hidup dengan 13 genus yang didominasi oleh terumbu karang penghalang dan terumbu karang tepi. Hal ini menyebabkan banyak sekali hewan laut dengan berbagai spesies hidup di Taman Nasional Bunaken. Tidak hanya itu, Taman Nasional Bunaken juga memiliki hutan mangrove yang sangat luas.

Banyak sekali aktivitas yang dapat wisatawan lakukan di Taman Nasional Bunaken ini. Salah satu yang wajib dicoba adalah diving. Taman Nasional Bunaken memiliki puluhan spot diving yang berjajar mulai dari tenggara pulau sampai bagian barat pulau. Beberapa titik penyelaman juga memiliki under great walls, dinding vertikal yang melengkung ke atas.

Taman Nasional Bunaken – twofishdivers

Selain diving, aktivitas lain yang wajib dilakukan oleh wisatawan adalah snorkeling. Wisatawan dapat melihat indahnya terumbu karang sambil memberi makan ikan-ikan dari permukaan laut.

Sejarah

Tahun 1975 adalah pertama kalinya lokasi ini ditemukan dan akhirnya dijadikan tempat wisata andalan Manado. Lalu resmi dijadikan Taman Nasional pada tahun 1991 dengan tujuan untuk menjaga keasriannya. Tidak hanya itu, pada tahun 2005 Taman Nasional Bunakein ini dimasukkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Aktivitas dan Fasilitas

Fasilitas diving dan snorkling di Taman Nasional Bunaken ini sangat lengkap. Di sini terdapat kelas selam dengan instruktur-instruktur selam bersertifikat SDI atau Scuba Diving International. Wisatawan juga dapat menyewa berbagai peralatan diving dan snorkeling.

Bagi wisatawan yang tidak bisa berenang, jangan khawatir. Selain diving dan snorkeling, wisatawan juga dapat mengelilingi Taman Nasional Bunaken ini menggunakan perahu. Tak jarang ada segerombolan lumba-lumba atau paus yang melintas di sisi perahu. Wisatawan juga dapat menyewa tour guide selama berkeliling Taman Nasional Bunaken.

Taman Nasional Bunaken – twofishdivers

Lokasi dan Rute

Terdapat berbagai cara untuk mencapai Taman Nasional Bunaken. Dari Bandara Sam Ratulangi wisatawan hanya perlu menempuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke Teluk Manado. Dari Teluk Manado wisatawan dapat menggunakan kapal atau perahu motor untuk mencapai Taman Nasional Bunaken. Estimasi waktu yang diperlukan untuk sampai ke Pulau Bunaken menggunakan kapal atau perahu motor adalah sekitar 30 menit. Apabila ingin lebih cepat, wisatawan dapat menyewa speedboat dengan harga yang lebih mahal, sekitar Rp800.000 hingga Rp1.300.000.

Harga

Ketika sampai, wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000 bagi wisatawan lokal atau Rp150.000 bagi wisatawan asing. Wisatawan dikenakan biaya tambahan apabila ingin menikmati fasilitas lain. Seperti misalnya untuk menyewa pelengkapan snorkeling dikenakan biaya sebesar Rp150.000 dan untuk perlengkapan diving sebesar Rp300.000.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Taman Nasional Bunaken ini adalah pada bulan April hingga bulan Oktober karena gelombang air laut lebih tenang dibandingkan biasanya.

error: