Parthenon

Parthenon
Parthenon - history

Kesiniaja.com – Parthenon merupakan sebuah kuil yang dibangun untuk Dewi Athena oleh para pelindung Athena pada abad ke-5 di Yunani. Yunani sendiri kental dengan kepercayaannya terhadap para dewa-dewi semenjak masa romawi yang membuat negeri itu memiliki banyak peninggalan bersejarah, terutama kuil dan bangunan-bangunannya. Kuil Parthenon ini dianggap sebagai simbol dari Yunani kuno dan demokrasi Athena. Kuil ini juga merupakan salah satu monumen budaya terbesar di dunia.

Sejarah

Dalam bidang arsitektur, Parthenon turut menjadi model panutan dari banyak arsitek zaman sekarang. Bangunan ini didesain oleh Iktinos dan Callicrates di bawah pengawasan pematung Phidias langsung dari perintah Athena. Pembangunan Parthenon dimulai pada tahun 447 SM sampai 438 SM, dan pengerjaan eksterior dilakukan hingga tahun 432 SM.

Parthenon
Parthenon – greekboston

Sebelum akhirnya menjadi tempat wisata seperti sekarang, Parthenon telah dialihfungsikan beberapa kali dibawah kepemimpinan yang berbeda-beda. Pada masa kekuasaan Kekaisaran Byzantium, kuil ini difungsikan sebagai gereja selama ribuan tahun lamanya. Lalu pada masa Kesultanan Ottoman pada abad ke-15 difungsikan sebagai masjid untuk menjadi tempat ibadah para umat Islam. Perubahan tersebut dilakukan sebagai bentuk hukuman yang digarap oleh Sultan Mehmed selaku penakluk masyarakat Athena yang memberontak saat itu, dan umat Islam pun beribadah di kuil yang beronamen dan penuh dengan lukisan kristiani. Pada tahun 1687, Bukit Akropolis diledakan dan turut menghancurkan Parthenon yang kala itu masih menjadi masjid, dan direkonstruksi kembali pada tahun 1975 dibawah kendali arsitek Malonis Korres dan menghabiskan dana sekitar 90 juta USD atau sekitar 1,3 triliun rupiah.

Parthenon – britannica

Lokasi dan Rute

Bangunan ini terletak di pusat bukit akropolis Kota Athena, Yunani. Jalan menuju Kota Athena dari Bandara Eleftherios Venizelos bisa menggunakan kereta yang menuju pusat Kota Athena dengan tarif tiketnya €10 atau sekitar Rp164.000 per orang. Untuk menuju Parthenon harus mendaki sekitar 30 menit karna lokasinya yang berada diatas bukit.

Harga

Parthenon bisa dikunjungi setiap harinya dari jam 08:00—20:00 pada tanggal 1 April—15 September, jam 08:00—19:00 pada tanggal 16 September—30 September, jam 08:00—18:00 pada bulan Oktober, dan jam 08:00—17:00 pada bulan November—Maret. Pemerintah Yunani pun menyediakan tiket multi combo seharga €30 atau sekitar Rp491.000 dan pengunjung sudah bisa mengunjungi Parthenon dan situs lainnya seperti Hadrian’s Library, Kuil Zeus, Ancient Agora, dan Roman Agora.

error: