Taman Bunga Nusantara – Cianjur

Taman Bunga Nusantara - ksmtour

Kesiniaja.com – Taman Bunga Nusantara adalah salah satu tempat rekreasi agrowisata yang paling populer di Indonesia. Taman bunga yang memiliki luas 35 hektare ini berlokasi di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Gede-Pangrango menyebabkan suasana di taman bunga ini begitu sejuk dan asri.

Taman Bunga Nusantara – pesonaindo

Pembangunan Taman Bunga Nusantara ini diprakarsai oleh ibu Dani Bustanil Arifin pada tahun 1992. Beliau adalah ketua Yayasan Bunga Nusantara dan bersama timnya membuat taman ini. Secara resmi, Taman Bunga Nusantara diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995.

Berbeda dengan taman-taman lainnya, Taman Bunga Nusantara ini memiliki beberapa jenis taman mini dengan tema yang berbeda-beda. Taman-taman mini tersebut diantaranya Taman Jepang, Taman Prancis, Taman Medaterania, Taman Labirin, dan masih banyak lagi. Selain itu Taman Bunga Nusantara juga memiliki beberapa replika hewan dan monumen terkenal seperti replika merak, jerapah, merak dan lain-lain. Taman Bunga Nusantara ini juga menjadi tempat untuk mengobservasi tanaman-tanaman langka.

Taman Bunga Nusantara – skyadventure

Taman Bunga Nusantara memiliki berbagai fasilitas. Bagi wisatawan yang malas untuk berjalan kaki dapat menaiki  Dotto Train, miniatur  kereta yang mengitari area sekitar Taman Bunga Nusantara, atau Mobil Wara-Wiri. Wisatawan dikenakan biaya Rp50.000 untuk menaiki Dotto Train sedangkan untuk menaiki Mobil Wara-Wiri hanya diperlukan biaya Rp5.000. Jika kelelahan, jangan khawatir karena terdapat banyak gazebo yang tersebar di berbagai titik. Taman Bunga Nusantara ini juga dilengkapi dengan kafe dan gedung serba guna yang bisa digunakan untuk mengadakan acara-acara seperti pernikahan dan meeting. 

Tidak lengkap rasanya bila pergi ke Taman Bunga Nusantara tapi tidak mengunjungi Nany’s Galleria dan Bursa Bunga. Di Nany’s Galleria dan Bursa Bunga, wisatawan dapat membeli berbagai jenis bunga dan tanaman khas dari Taman Bunga Nusantara. Selain itu, wisatawan juga dapat membeli cindera mata di Nany’s Galleria dan Bursa Bunga.

Wisatawan yang berusia empat tahun ke atas dikenai biaya sebesar Rp40.000 per orang. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari pusat Kota Cianjur, setidaknya harus menempuh perjalanan sekitar 21,7 km dalam waktu kurang lebih 50 menit.