Taman Buaya Tanjung Pasir – Banten

Taman Buaya Tanjung Pasir - pantainesia

Kesiniaja.com – Taman Buaya Tanjung pasir merupakan tempat penangkaran buaya yang juga menjadi tempat wisata yang mengedukasi, tempat ini ramai oleh wisatawan luar kota bahkan mancanegara. Taman yang memiliki luas lahan sekitar 5 hektar ini berlokasi di Kecamatan Teluknaga, Kota Tangerang, Banten. Taman Buaya Tanjung Pasir ini memiliki cukup banyak koleksi hewan reptil buaya, bahkan diklaim memiliki koleksi buaya dengan ukuran terbesar di Indonesia.

Taman Buaya Tanjung Pasir – jalan kuliner khas

Pada masa pembukaan Taman Buaya Tanjung Pasir di tahun 2002, taman ini mengoleksi sekitar 39 ekor buaya. Sukses mengembangbiakkan buaya, sekarang taman ini sudah menangkar sekitar 500 ekor buaya. Buaya atau crocodile dalam bahasa Inggrisnya berasal dari kata krokodilos yang digunakan orang Yunani untuk menyebut hewan ini. Kata Krokodilos berasal dari kata Kroko (batu kerikil) dan Deilos (cacing), hal itu dikarenakan buaya sering ditemukan di tepian sungai yang berbatu. Kulit dari reptil ini juga memiliki nilai jual tinggi karena bisa digunakan sebagai bahan tas, dompet, jaket, dan lainnya.

Taman Buaya Tanjung Pasir ini memiliki empat jenis buaya yang dibudidayakan, yaitu Buaya Irian, Buaya Sumatra, Buaya Air Tawar, dan Buaya Air Payau. Di taman ini jumlah Buaya Sumatra lah yang paling mendominasi. Hewan reptil di taman ini dipisahkan ke beberapa kolam yang berbeda tergantung usia, jenisnya, dan juga telur-telur yang baru menetas dari Induknya. Kandang tempat penangkaran buaya di taman ini dibatasi oleh pagar besi yang kuat jadi para pengunjung tidak perlu khawatir dengan keamanannya, di sekeliling kandang juga terdapat atap peneduh yang menghindarkan pengunjung dari teriknya sinar matahari.

Taman Buaya Tanjung Pasir – mydailywriting

Tempat wisata yang satu ini memiliki fasilitas yang cukup mumpuni, terdapat rest area, Mushola, kamar mandi, dan juga toko souvenir. Beberapa toko souvenir pun menjual kerajinan dari kulit buaya. Ada juga rumah makan yang menyajikan masakan seperti sate yang terbuat dari daging buaya.

Taman Buaya Tanjung Pasir buka setiap harinya dari jam 08:00 sampai jam 18:00 dengan tarif harga masuk hanya Rp10.000 per orangnya. Rute menuju Taman Buaya Tanjung Pasir jika dari Bandara Soekarno Hatta hanya berjarak 5 kilometer ke arah utara dan berlokasi di dekat Pantai Tanjung Pasir, wisatawan bisa mengandalkan kendaraan pribadi baik mobil ataupun motor untuk mencapainya.