Arc de Triomphe – Prancis

Arc de Triomphe - viralrang

Kesiniaja.com – Arc de Triomphe yang dalam Bahasa Indonesia berarti “Gapura Kemenangan” merupakan bangunan berbentuk pelengkung kemenangan yang terletak di tengah area Place de l’Étoile, ujung barat Champs-Élysées, Kota Paris, Prancis. Atas perintah Napoleon Bonaparte bangunan dengan tinggi 49,5 meter dan lebar 45 meter ini dibangun dengan tujuan untuk menghormati para tentara yang sudah berjasa besar untuk Paris, mereka dikenal sebagai The Unknown Soldier yang meninggal selama Perang Dunia I. Arc de Triomphe juga merupakan salah satu dari banyaknya monumen yang terkenal di Paris.

Arc de Triomphe – wikimedia

Monumen gapura ini dibangun pada tahun 1806 setelah kemenangan Napoleon di Austerlitz. Pembangunan bangunan ini memakan waktu selama 2 tahun untuk pengerjaan fondasi dasarnya, lalu saat Napoleon memasuki Kota Paris pada tahun 1810 dari barat bersama Archduchess Marie-Louise dari Austria bangunan ini baru terbentuk dari kontruksi kayunya. Arsitek dari Arc de Triomphe, Jean Chalgrin meninggal dunia pada tahun 1811 dan akhirnya pembangunan monumen ini dilanjutkan oleh Jean-Nicolas Huyot. Selama masa restorasi Bourbon di Prancis pembangunan ini pun terkena dampaknya sehingga pembangunannya sempat dihentikan dan tidak dilanjutkan sama sekali. Pembangunan monumen ini pun mulai dilanjut lagi pada masa pemerintahan Raja Louis-Philippe.

Arc de Triomphe ini memiliki 4 kelompok patung yang mengisyaratkan kemenangan yang terjadi di 4 peristiwa berbeda. Kelompok patung yang utama adalah Le depart de tahun 1792 (La Marseillaise) oleh Francois Rude, Le Triomphe de tahun 1810 oleh Jean-Pierre Cortot, La Resistance de tahun 1814 oleh Antoine Etex, dan La Paix de tahun 1815 oleh Antoine Etex. Ada pula api kenangan abadi yang dinyalakan di sekitar Arc de Triomphe pada 11 November 1923 oleh seorang pegawai pemerintahan Prancis, Andre Maginot. Api tersebut tidak pernah padam bahkan hingga tahun 2021 ini yang artinya api itu terus membara selama 98 tahun lamanya.

Arc de Triomphe – reisroutes

Memiliki panorama yang terkenal dengan keunikannya, monumen ini juga terlihat megah baik siang maupun malam hari. Waktu terbaik untuk mengunjungi Arc de Triomphe yaitu dari pukul 04:00 sampai 11:00 siang. Tempat wisata bersejarah yang satu ini termasuk monumen yang wajib dikunjungi di Paris karena tidak memungut biaya masuk sama sekali. Rute menuju Arc de Triomphe pun mudah di akses dengan kendaraan umum seperti bis, metro, ataupun kereta karena lokasinya yang strategis.