Demi Bangkitkan Pariwisata, Thailand Prioritaskan Vaksinasi Warga Phuket

Vaksinasi di Phuket, Thailand - theguardian

Kesiniaja.com – Pulau Phuket, Thailand adalah salah satu pusat pariwisata di Thailand. Sejak masa pandemi, sektor pariwisata Thailand mengalami kemunduran. Sebelum pandemi, masuknya turis asing menyumbang 12% dari PDB nasional. Tercatat 1,45 juta orang kehilangan pekerjaan sejak pandemi COVID-19 tahun lalu.

Pada tahun 2020 hanya 6,7 juta turis asing yang datang ke Thailand dengan pemasukan sebesar 11 miliar dolar. Jumlah itu sangat rendah bila dibandingkan dengan tahun 2019 dimana ada 40 juta turis asing yang datang dengan pemasukan sebesar 61 miliar dolar.

Setelah tenaga medis, pegawai pemerintah, dan orang tua, pemerintah Thailand pun memprioritaskan masyarakat Phuket untuk melakukan vaksinasi dua bulan lebih awal dibandingkan dengan wilayah lain. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kembali sektor pariwisata khususnya di Phuket, Thailand.

Sebanyak kurang lebih 460.000 orang di Phuket—mencakup hampir seluruh warga Phuket—akan melakukan vaksinasi. Hal ini dilakukan agar pada awal Juli nanti, Phuket sudah siap untuk menerima turis asing, yang sudah divaksinasi, tanpa perlu melakukan karantina.

“Apabila kita bisa membangun kekebalan imun untuk 70%—80% populasi di pulau ini, kita bisa menerima turis asing yang sudah divaksinasi tanpa perlu melakukan karantina,” ujar Wakil Gubernur Phuket, Piyapong Choowong, Senin (05/04/2021).

Hal ini didukung dengan adanya bandara internasional di Phuket. Dengan adanya bandara ini, turis asing dapat dengan leluasa melakukan liburan di pulau ini tanpa perlu menimbulkan risiko pada warga Thailand yang lain.

Pemerintah berharap, dengan adanya vaksinasi ini setidaknya ada 100.000 turis asing yang datang ke Phuket pada awal Juli nanti. Pemerintah juga berharap, dengan adanya vaksinasi di seluruh dunia saat ini dapat meningkatkan pendapat pada akhir tahun 2021.

“Ini adalah sebuah tantangan. Namun, dapat berkontribusi pada PDB,” kata Gubernur Otoritas Pariwisata Thailand, Yuthasak Supasorn.