Grytviken Whaling Station

Grytviken Whaling Station - bbc

Kesiniaja.com – Benua Antartika merupakan benua yang sangat dingin dan tak berpenghuni. Namun, tidak berpenghuni bukan berarti tidak ada hal menarik yang bisa dieskplor. Salah satu lokasi wisata terbaik bila mengunjungi benua ini adalah Grytviken Whaling Station. Grytviken Whaling Station terletak di Pelabuhan Leith, Georgia Selatan, salah satu pulau paling selatan dan paling dekat dengan Kutub Selatan. Seperti namanya Grytviken Whaling Station merupakan pelabuhan terbengkalai yang dulunya merupakan pusat pengumpulan hasil perburuan paus.

Sejarah

Pada awal abad ke-20, maraknya perburuan paus di Eropa menyebabkan populasi paus di wilayah Kutub Utara menurun. Hal ini menyebabkan banyak penjelajah Eropa berlomba-lomba untuk menyusuri bagian paling selatan bumi, Kutub Selatan, untuk berburu paus. Hingga akhirnya, seorang penjelajah asal Norwegia, Carl Anton Larsen, menemukan Grytviken pada tahun 1904. Larsen menyadari bahwa populasi paus di sekitar Georgia Selatan sangat tinggi dan sangat berpotensi untuk menjadi bisnis. Larsen pun membuat stasiun perburuan paus pertama di Georgia Selatan dan menjadi salah satu perusahaan yang paling sukses.

Pada tahun 1906 mulai muncul kepedulian bahwa bisnis seperti yang dilakukan Larsen akan mengurangi populasi paus. Peraturan pemerintah pun diperketat. Larsen mengakalinya dengan cara membuat kapal pabrik yang memungkinkan ia untuk kabur dari pemerintah. Namun, semakin lama eksistensi minyak paus semakin tergantikan dengan minyak nabati. Hingga akhirnya pada tahun 1964 Grytviken Whailing Station resmi ditutup untuk selamanya.

Aktivitas dan Fasilitas

Ketika kita berlayar menuju Grytviken, kita akan disuguhi pemandangan tidewater glaciers yang mengalir sepanjang Cumberland East Bay. Kita juga akan disuguhi oleh pemandangan pegunung batu berselimut salju yang sangat indah.

Grytviken Whaling Station – spiegel

Saat sampai di Grytviken Whaling Station wisatawan akan disuguhi dengan bangunan-bangunan terbengkalai bekas pabrik pembuatan minyak paus. Selain bangunan, tersebar juga bangkai-bangkai kapal yang dahulu digunakan untuk menangkap paus. Lokasi yang wajib didatangi adalah Museum Georgia Selatan. Di museum ini, wisatawan dapat lebih mengenal sejarah dari perburuan paus pada awal abad ke-20. Selain itu, terdapat juga gereja yang memiliki arsitektur kuno yang indah. Salah satu hal yang unik dari lokasi ini adalah wisatawan dapat dengan mudah menemukan gajah laut, anjing laut bahkan pinguin di sekitar pelabuhan.

Lokasi dan Rute

Satu-satunya cara untuk mengunjungi Grytviken ini adalah dengan menggunakan jalur laut. Kebanyakan wisatawan yang mengunjungi Grytviken adalah sebagai bagian dari ekspedisi pelayaran ke Antartika.

Cumberland East Bay – markrothschildphoto

Harga

Grytviken Whaling Station dapat dikunjungi tanpa membayar biaya masuk sama sekali dan wisatawan sekalian pun sudah bisa melihat keunikan yang ada didalamnya.

error:
Exit mobile version