Tips Liburan Aman dan Menyenangkan Selama Pandemi

unsplash @jeshoots

Kesiniaja.com – Semenjak mulainya masa pandemi COVID-19 masyarakat pun diharuskan menghindari keramaian untuk meminimalisir jumlah kasus virus mematikan tersebut di Indonesia. Alhasil banyak dari masyarakat yang merasa jenuh bahkan stress akibat hal itu.


Namun, sejak pemerintah telah memberi peraturan adaptasi baru (New Normal), beberapa tempat wisata akhirnya sudah bisa dikunjungi kembali. Mengetahui banyaknya masyarakat yang ingin melepas suntuk selama masa pandemi ini, kesiniaja.com akan memberi beberapa tips untuk berlibur di masa pandemi seperti saat ini.

1. Sedang dalam keadaan sehat

Rapid Test – klikdokter

Sebelum memutuskan untuk berlibur, pastikan kalian dalam kondisi yang sehat. Jika dalam kondisi tubuh yang tidak fit, imun akan menurun dan rentan terjangkit penyakit ataupun virus. Kemungkinan terjangkit COVID-19 pun akan lebih tinggi. Beberapa tempat wisata, khususnya yang berbeda wilayah, akan mewajibkan seluruh wisatawan untuk rapid test sebelum berkunjung. Hal ini dilakukan untuk menghindari penularan antar pengunjung yang berada di lokasi.

2. Membawa peralatan pribadi

Untuk menjamin keamanan dan kesterilan, ada baiknya pengunjung membawa peralatan pribadi seperti handuk, sikat gigi, alat makan, dan tempat minum. COVID-19 dikenal bisa menular melalui benda, maka dari itu membawa peralatan pribadi akan menjadi pilihan yang bijak.

3. Selalu membawa hand sanitizer dan masker

Masker dan hand sanitizer – ekspresspharma


Dalam peraturan adaptasi baru juga telah disebutkan untuk selalu menjaga jarak, menjauhi keramaian, dan memakai masker. Membawa hand sanitizer juga akan membantu pengunjung memastikan kebersihan tangan. Jangan lupa untuk membawa setidaknya satu cadangan masker ketika berwisata.

4. Pilih tempat yang tidak ramai

Menjauhi keramaian telah menjadi aturan tetap di masa pandemi, maka dari itu pengunjung bisa memilih tempat-tempat yang sepi pengunjung untuk menjadi destinasi wisata kali ini. Banyak destinasi wisata yang tidak terlalu ramai, dengan lokasi yang luas dan terbuka agar bisa memenuhi peraturan physical distancing meskipun sedang berlibur.

5. Staycation

Staycation akan menjadi solusi liburan yang sangat cocok di masa pandemi ini. Kalian tidak perlu pergi ke mana-mana dan mengkhawatirkan adanya kemungkinan tertular dari orang asing di luar sana. Staycation bisa dilakukan di hotel ataupun di villa. Berada di tempat baru bisa mengurangi rasa jenuh tanpa harus pergi ke tempat yang jauh dan ramai.

Itu dia 5 tips berlibur di masa pandemi COVID-19 dari kesiniaja.com. Di saat seperti ini tentunya kesehatan menjadi prioritas utama, bijaklah saat berlibur agar tidak berujung menyebarkan COVID-19.