Empal Gentong Haji Apud

Empal Gentong Haji Apud - ibenimages

Kesiniaja.com – Empal gentong adalah makanan khas Cirebon. Empal gentong mirip dengan gulai yang isiannya terdiri atas usus, babat, dan irisan daging sapi. Kuliner khas Cirebon ini dibuat dengan cara merebus bahan-bahan tadi di dalam gentong tanah liat selama kurang lebih lima jam, hal ini menyebabkan cita rasa empal gentong semakin khas. Oleh karena itu, digunakan lah kata ‘gentong’.

Empal Gentong Haji Apud – lokadata

Salah satu restoran yang terkenal dengan kenikmatan empal gentongnya adalah Empal Gentong Haji Apud. Empal Gentong Haji Apud adalah restoran empal gentong paling terkenal di Kota Cirebon. Empal Gentong Haji Apud ini sudah berdiri sejak tahun 1995 dan didirikan oleh Haji Mahcfud atau yang lebih dikenal dengan nama H. Apud.

Selain empal gentong, Empal Gentong Haji Apud ini juga menyajikan empal asem yang tidak kalah lezatnya. Empal Gentong Haji Apud juga menyediakan beragam jenis sate sebagai teman menyantap Empal Gentong. Menu yang tidak kalah terkenal dari Empal Gentong Haji Apud adalah tahu gejrot khas Cirebon.

Empal gentong yang disajikan memiliki kuah santan kental yang disempurnakan dengan cita rasa bumbu khas nusantara. Sedangkan empal asem memiliki cita rasa yang lebih segar dan kaya. Pengunjung dapat menikmati empal gentong ini menggunakan nasi putih atau dengan potongan lontong. Empal Gentong Haji Apud sangat cocok menjadi hidangan makan siang ataupun makan malam Anda. Bagi Anda yang berasal dari luar kota dan ingin menjadikan empal gentong sebagai oleh-oleh, Empal Gentong Haji Apud menawarkan variasi empal gentong dalam kemasan kaleng yang sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan.

Bagian dalam Empal Gentong Haji Apud – pergidulu

Empal Gentong Haji Apud juga sangat memperhatikan kenyamanan pelanggannya. Tempatnya luas dan bersih. Tidak seperti toko empal gentong lainnya yang panas, Empal Gentong Haji Apud ini sejuk karena di dalamnya sudah menggunakan AC. Lapangan parkirnya juga cukup luas.

LokasiJalan Ir. H. Juanda, Battembat, Kabupaten Cirebon (Cabang Pusat)
Komplek Pasar Batik Trusmi Jalan Otista Plered, Cirebon (Cabang Trusmi)
Jalan Tuparev No. 43B, Kota Cirebon (Cabang Tuparev)
Jam Oprasional08.30–21.00
HargaEmpal Gentong Rp23.00
Empal Asem Rp23.000
Sate Kambing Muda Rp40.000
Sate Kambing Polos Rp50.000
Nasi Lengko Rp15.000
Empal Gentong Kemasan Kaleng Rp40.000

Dengan harga yang cukup terjangkau dan rasanya yang lezat didukung dengan lokasinya yang berada di tengah kota, membuat Empal Gentong Haji Apud menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi bila datang ke Kota Cirebon.