Pantai Plengkung (G-Land)

Pantai Plengkung - ksmtour

Pantai Plengkung atau biasa dikenal dengan G-Land adalah sebuah pantai idaman para peselancar dunia. Pantai ini terletak di Kabupaten Banyuwangi dan langsung menghadap ke Samudra Hindia yang menyebabkan ombak di Pantai Plengkung semakin memukau. Akibat ombaknya ini, Pantai Plengkung dinobatkan sebagai pantai dengan ombak terbaik kedua di dunia setelah Hawaii.

Pantai Plengkung setiap tahunnya selalu ramai dikunjungi para peselancar dari seluruh dunia. Pantai Plengkung juga menjadi langganan tuan rumah perlombaan surfing kelas dunia seperti Da Hui Pro Surfing World Championship seri III (2003), Banyuwangi G-Land International Team Challenge, dan World Surf League (WSL) Championship Tour.

Sejarah

Pantai Plengkung pertama kali ditemukan melalui ekspedisi para peselancar asing pada tahun 1972. Para peselancar ini terdiri atas delapan kelompok yang dibagi ke dua rute, yaitu rute darat dan rute laut.

Kelompok yang melalui rute darat akhirnya sampai ke Desa Grajagan. Namun, dari desa ini mereka masih perlu menyusuri pantai sejauh 20 kilometer untuk sampai ke Pantai Plengkung.

Sedangkan kelompok yang melalui jalur laut, tidak kalah sulitnya. Mereka bahkan sempat terjebak ditengah laut dengan kondisi kekurangan air bersih. Hingga akhirnya mereka berhasil mencapai Pantai Plengkung dan mendirikan camp untuk meninjau kembali kelayakan Pantai Plengkung sebagai surga surfing dunia.

Fasilitas

Surfing di Pantai Plengkung – mitatravel

Sebagai surga surfing dunia, tentu aktivitas wajib yang harus dilakukan di pantai ini adalah berselancar. Biasanya, yang mendatangi pantai ini adalah peselancar-peselancar profesional dari berbagai negara. Namun, apabila Anda adalah peselancar pemula, di Pantai Plengkung terdapat mentor-mentor yang dapat membantu Anda. Terdapat juga lokasi untuk menyewa peralatan selancar mulai dari papannya hingga baju renang.

Bagi Anda yang tidak suka berselancar, jangan takut. Lokasi Pantai Plengkung yang menyatu dengan Taman Nasional Alas Purwo, menjadikan pantai ini dipenuhi dengan satwa-satwa liar seperti monyet, rusa, dan lain-lain. Terdapat juga menara di mana Anda dapat menikmati keindahan Pantai Plengkung dari atas. Selain itu, Anda juga dapat menyewa perahu jongkong berkapasitas empat orang untuk menyaksikan para peselancar dari dekat.

Selain berselancar dan menikmati indahnya Pantai Plengkung, terdapat berbagai aktivitas lain yang dapat Anda lakukan seperti bersepeda, memancing, atau berfoto. Bagi Anda yang tidak membawa sepeda sendiri, jangan khawatir karena pengelola menyewakan sepeda dengan harga terjangkau.

Di daerah Pantai Plengkung, penginapannya disebut dengan camp. Terdapat beberapa camp diantaranya G-Land Surf & Resort, Joyo’s Surf Camp, dan Bobby’s Surf Camp. Camp di Pantai Plengkung sudah memiliki fasilitas yang lengkap.

Lokasi dan Rute

Pantai Plengkung atau G-Land berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi. Terdapat dua cara untuk mengunjungi pantai ini yaitu melalui jalur darat dan jalur laut.

Gerbang Taman Nasional Alas Purwo – tourbanyuwangi

Jika melalui jalur darat, pengunjung harus melewati Taman Nasional Alas Purwo terlebih dahulu. Dari pusat Kota Banyuwangi, wisatawan dapat menggunakan bus untuk sampai ke Kalipahit. Dari Kalipahit, lanjut menggunakan ojek sampai ke Pasar Anyar. Dari Pasar Anyar wisatawan harus menggunakan mobil pick-up sampai ke Pantai Pancur. Pantai Pancur adalah pemberhentian terakhir bagi kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Untuk menuju Pantai Plengkung dari Pantai Pancur terdapat dua cara, yaitu berjalan kaki sejauh delapan kilometer dengan jalan berbatu atau menyewa mobil jeep yang disediakan pengelola Taman Nasional Alas Purwo.

Bagi pengunjung lokal, disarankan untuk membawa kendaraan pribadi karena kendaraan umum jarang mengakses wilayah Taman Nasional Alas Purwo. Jika menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan tetap harus berhenti di Pantai Pancur dan melanjutkan perjalanan menggunakan jeep.

Bila menggunakan jalur laut, pengunjung harus menggunakan speed boat dari Pantai Grajagan dan menempuh perjalanan sekitar satu atau dua jam. Bisa juga menaiki speed boat dari Bali karena jaraknya tidak terlalu jauh. Biasanya turis asing mengunjungi Pantai Plengkung dari Bali.

Harga

Harga masuk ke Taman Nasional Alas Purwo sendiri dibandrol dengan harga Rp5.000 per orang. Harga jeep dari Pantai Pancur ke Pantai Plengkung dikenai biaya sebesar Rp250.000 sekali trip dengan kapasitas sepuluh sampai dua belas orang.

Harga penginapannya berbeda-beda tergantung fasilitas apa yang disajikan. Namun, harga fasilitas di Pantai Plengkung ini memang termasuk mahal bila untuk turis domestik, karena memang pantai ini lebih sering dikunjungi turis asing yang ingin berselancar.