Pantai Plengkung, Surga Surfing Tersembunyi di Banyuwangi

Champion Tour Class of 2020 - world surf league

Tidak banyak orang tau, bahwa Banyuwangi memiliki pantai yang dinobatkan sebagai surga surfing dunia. Pantai ini adalah Pantai Plengkung yang terletak di Taman Nasional Alaspurwo, Banyuwangi dan langsung menghadap ke Samudra Hindia. Bagi para peselancar, Pantai Plengkung merupakan pantai terbaik kedua di dunia setelah Hawaii.  Bahkan, Pantai Plengkung diakui sebagai spot surfing terbaik di Asia Tenggara.

Pantai yang lebih dikenal dengan sebutan G-Land ini memiliki ombak yang memanjang, tinggi, dan besar, sangat cocok untuk berselancar. Ketinggiannya bisa mencapai delapan meter dengan panjang ombak dua kilometer. Tak jarang ombaknya memiliki gelombang tujuh bersusun yang sangat menantang. Oleh karena itu pula, Plengkung diberikan penghargaan sebagai The Seven Giant Waves Wonder.

Selain ombak yang dahsyat, keindahan pantai ini juga didukung dengan keberadaan Taman Nasional Alas Purwo yang mengelilinginya. Taman Nasional Alas Purwo menyebabkan suasana di Pantai Plengkung masih sangat asri dan rimbun.

Karena keunggulannya ini, Pantai Plengkung dipercayai sebagai tuan rumah World Surf League (WSL) Championship Tour, liga selancar paling bergengsi di dunia, seri ke-3 tahun 2020 lalu. Pantai Plengkung atau G-Land ini masuk dalam daftar 11 pantai dunia yang dijadikan lokasi WSL. Acara ini akan diadakan di Australia, Amerika Serikat, Brazil, Hawaii, Tahiti, Afrika Selatan, Portugal hingga Prancis. Hal ini tentu menjadi kesempatan emas untuk semakin memperkenalkan Indonesia di kancah internasional. Namun sayang, perlombaan ini batal diadakan karena pandemi COVID-19.

Selain WSL Championship Tour 2020, Pantai Plemgkung juga pernah menjadi tuan rumah perlombaan selancar dunia lainnya diantaranya Da Hui Pro Surfing World Championship seri III (2003) dan Banyuwangi G-Land International Team Challenge. Selain itu, pada tahun 2016 pantai yang juga dikenal dengan sebutan G-Land ini berhasil meraih penghargaan Anugerah Pesona Indonesia sebagai Most Popular Surfing Spot di Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai sejarah, fasilitas, dan rute menuju surga surfing tersembunyi ini, silahkan kunjungi laman Pantai Plengkung (G-Land)