Jembatan Gantung Situ Gunung

Jembatan Gatung Situ Gunung - situgunungbridge

Kesiniaja.com – Jembatan Gantung Situ Gunung merupakan salah satu jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Jembatan gantung ini memiliki panjang 243 meter dengan lebar dua meter dan dibangun diatas ketinggian 161 meter. Jembatan ini dibangun untuk membelah lembah dan menghubungkan antara area Situ Gunung dengan Curug Sawer.

Lokasinya yang berada di Kawasan Wisata Situ Gunung yang masih bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menyebabkan pemandangan dari jembatan ini sangat memukau. Keindahan lembah dan pandangan Gunung Gede Pangrango akan menyambut wisatawan saat menyebrangi jembatan ini.

Fasilitas

Fasilitas keamanan jembatan ini sangat dijamin. Bahan yang menyusun jembatan ini antara lain kabel baja dan lantai yang terbuat dari kayu ulin asli Papua seberat 80 ton. Kayu ulin sengaja digunakan karena ketahanannya terhadap cuaca dan tidak mudah dimakan rayap.

Selain itu, pengunjung yang melintas juga dibatasi, hanya 40-50 orang dan semuanya harus menggunakan alat keselamatan. Di ujung jembatan, terdapat penjaga yang akan membatasi wisatawan yang akan melintas. Alat keselamatan disediakan dari pihak pengelola.

Danau Situ Gunung – khairulleon

Selain menyebrangi jembatan gantung, terdapat berbagai fasilitas lain yang dapat dinikmati pengunjung. Yang pertama adalah Danau Situ Gunung. Danau ini cukup terkenal dan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar satu kilometer dari gerbang masuk Kawasan Wisata Situ Gunung. Danau ini dikelilingi pohon pinus yang berada di lereng Gunung Gede Pangrango.

Selanjutnya adalah Curug Sawer. Curug Sawer berlokasi tidak jauh dari jembatan gantung. Wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 10 menit untuk sampai di air terjun ini.

Curug Sawer – situgunungbridge

Terakhir adalah camping ground. Lokasi kawasan wisata ini yang berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango membuat kegiatan berkemah sangat cocok dilakukan. Fasilitas berkemah di lokasi ini juga sudah sangat lengkap. Dari fasilitas biasa menggunakan tenda sederhana hingga fasilitas mewah dengan tenda yang mahal ada di sini. Terdapat kurang lebih enam camping ground yang ada.

Fasilitas seperti restoran, kamar mandi, dan lain-lain juga sudah sangat lengkap dan bagus. Bahkan terdapat amfiteater luas untuk mengadakan acara. Pelayanan yang ditawarkan juga sangat baik dan berstandar internasional. Jalan menuju lokasi wisata juga sudah sangat bagus dan beraspal.

Lokasi dan Rute

Seperti yang sudah disebutkan di atas,  Jembatan Gantung Situ Gunung ini terletak di Kawasan Wisata Situ Gunung yang juga masih bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tepatnya di Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat.

Umumnya, untuk mengunjungi lokasi wisata ini wisatawan menggunakan kendaraan pribadi. Namun, bila menggunakan kendaraan umum wisatawan dapat menggunakan angkot atau kereta.

Jika menggunakan angkutan umum, wisatawan dari Jakarta harus menggunakan kendaraan umum untuk sampai ke Ciawi. Dari Ciawi lanjutkan perjalanan ke Cicurug menggunakan angkot nomor 02 lalu turun di Pasar Cicurug. Dari Cicurug lanjutkan menggunakan angkot nomor 07 sampai Pasar Cibadak lalu lanjut menggunakan angkot nomor 09 sampai Polsek Cisaat.

Jika menggunakan kereta, pilih kereta yang menuju Stasiun Bogor. Setelah itu, lanjut menggunakan kereta menuju Stasiun Paledang. Selanjutnya, naik kereta lokal Sukabumi lalu turun di Stasiun Cisaat. Dari Stasiun Cisaat, wisatawan harus mencari angkutan yang bisa disewa sampai ke lokasi. Biasanya menggunakan ojek atau mencarter angkot.

Harga

Wisatawan yang berkunjung dikenakan biaya Rp50.000 untuk orang dewasa dan Rp25.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk harga camping berbeda-beda tergantung fasilitas dan lokasinya. Jembatan Gantung Situ Gunung dibuka mulai pukul 06.00–16.00 setiap hari.