Curug Cikaso

Curug Cikaso - camerawisata

Kesiniaja.com – Curug Cikaso atau Air Terjun Cikaso ini adalah salah satu air terjun terindah di Sukabumi. Airnya yang biru kehijauan dan lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan rindang menyebabkan air terjun ini sangat indah. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai delapan puluh meter dengan lebar seratus meter. Air terjunnya terbagi atas beberapa aliran, aliran terbesarnya adalah Curug Aseupan, Curug Menong, dan Curug Aki. Sumber air dari Curug Cikaso ini adalah dari Sungai Cikaso itu sendiri.

Aktivitas dan Fasilitas

Kolam di bawah Curug Cikaso ini memiliki air yang sangat jernih. Kedalamannya mencapai lima belas meter dan memiliki pusaran yang cukup deras. Walau begitu, pengunjumg tetap bisa berenang di kolam tersebut. Namun tetap sangat tidak disarankan berenang terlalu dekat dengan air terjun.  Di lokasi Curug Cikaso ini juga sudah dilengkapi dengan toilet untuk berbilas setelah berenang.

Curug Cikaso – kemendesa

Keindahan Curug Cikaso ini bagaikan berada di negeri lain. Pengunjung yang malas untuk berenang tetap bisa menikmati keindahan air terjun dengan berfoto atau sekedar duduk-duduk di sekitaran air terjun.

Pengunjung juga bisa menyusuri Sungai Cikaso yang mengalir dari kolam. Aliran sungainya sangat jernih, bahkan dapat terlihat dasarnya. Selain itu, dari pinggiran Sungai Cikaso ini, keindahan Curug Cikaso dapat lebih terlihat.

Di sekitaran Curug Cikaso juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Bahkan ada juga toko yang menjual suvenir-suvenir khas wilayah setempat.

Lokasi dan Rute

Curug Cikaso ini terletak di Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat. Akses menuju Curug Cikaso ini juga sudah bagus dan beraspal. Serta terdapat juga penunjuk jalan yang cukup jelas. Jalannya berliku dengan pemandangan asri di kiri dan kanan jalan. Mendekati lokasi parkir, jalannya lumayan berbatu dan memiliki turunan tajam.

Dari tempat parkir ke Curug Cikaso, pengunjung dapat menempuh dua jalur. Dengan melakukan treking sejauh kurang lebih satu kilometer atau menyewa perahu menyusuri Sungai Cikaso.

Harga

Pengunjung dikenai biaya sebesar Rp3.000 per orang. Bila menggunakan mobil dikenakan biaya Rp27.000 dan Rp6.000 untuk parkir. Harga menyewa perahu sekitar Rp60.000 per perahu. Satu perahu berkapasitas 10 orang. Pengunjung juga bisa menawar agar mendapatkan harga yang sesuai.