5 Tips Snorkeling Untuk Pemula

Nusa Penida - backcountrycow

Kesiniaja.com – Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Kegiatan snorkeling merupakan salah satu cara untuk menikmati keindahan tersebut.

Snorkeling adalah kegiatan berenang di permukaan air yang dangkal atau tidak terlalu dalam menggunakan alat seperti kacamata selam dan snorkel untuk membantu pernapasan, beberapa orang juga menggunakan kaki katak untuk memudahkan pergerakkan di bawah air.

Snorkeling tentunya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan jika sedang berlibur ke destinasi yang kaya akan keindahan alam bawah lautnya. Untuk yang belum pernah melakukan snorkeling mungkin akan merasa sedikit takut dan ragu, namun tenang saja berikut beberapa tips untuk para pemula yang ingin mencoba kegiatan snorkeling.

1. Menyiapkan Obat Anti Mabuk

Nusa Penida – snorkelaroundtheworld

Perjalanan menuju spot snorkeling memungkinkan kalian mengalami mabuk laut bagi yang tidak biasa menaiki kapal. Guncangan dari ombak bisa jadi akan memusingkan kalian dan membuat badan terasa tidak nyaman, jadi sebelum itu ada baiknya menyiapkan obat anti mabuk.

2. Pemilihan Pakaian

Untuk para pemula mungkin akan merasa tidak nyaman dengan kehadiran alat-alat snorkeling yang melekat di tubuh. Pilihlah pakaian yang nyaman digunakan di air, seperti pakaian yang berbahan ringan dan ketat. Akan lebih baik jika memakai pakaian khusus untuk berenang dan menyelam.

Jika tidak memiliki baju renang, beberapa tempat penyewaan alat snorkeling menyediakan wetsuit yang bisa disewa. Jika tidak tersedia kalian bisa memakai legging dan kaos lengan panjang sebagai gantinya.

3. Pilih Perlengkapan Snorkeling

Sebelum snorkeling penting untuk memilih alat yang dibutuhkan, dari masker hingga kaki katak. Pilihlah alat senyaman mungkin agar tidak mengganggu kegiatan snorkeling kalian.

Untuk masker, pilihlah model yang memiliki atasan yang kering agar air tidak terciprat dan area wajah tertutup sepenuhnya saat di bawah air. Jangan lupa pastikan alat snorkeling dan masker kalian cocok, pastikan juga snorkel menempel pada masker di sisi kiri wajah.

Fin atau sepatu kaki katak merupakan pelengkap yang membantu pergerakkan kaki kalian di saat snorkeling. Pilihlah fin yang memiliki ukuran kaki kalian agar nyaman saat digunakan. Lalu untuk pemula yang tidak bisa berenang, kalian wajib menyewa pelampung. Pilihlah pelampung yang betul-betul pas di badan kalian agar tidak terlepas saat sedang snorkeling.

4. Tetap di Dekat Rombongan

Akan berisiko bila pemula berenang sendiri saat snorkeling, pastikan kalian tidak terpisah dari rombongan saat snorkeling. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, seperti kram ataupun kelelahan saat snorkeling. Pastikan kalian mendengarkan instruksi dari guide dan tetap berhati-hati saat snorkeling.

5. Jangan Menyentuh Sembarangan

Lombok – islander

Saat snorkeling kalian pasti akan melihat pemandangan karang-karang yang indah, namun sebaiknya kalian tidak menyentuhnya. Beberapa spesies karang dikenal beracun bila tersentuh, ada juga hewan bulu babi yang jika tersengat olehnya bisa menyebabkan luka yang cukup parah bagi manusia. Selain menghindari bahaya, hal ini juga dilakukan untuk menjaga kelestarian alam bawah laut.

Itu dia 5 tips snorkeling untuk pemula dari kesiniaja.com, dengan begitu kalian sudah bisa menikmati kegiatan snorkeling dan melihat keindahan alam bawah laut yang menakjubkan. Jangan lupa untuk tetap hati-hati dan waspada ketika sedang melakukan kegiatan snorkeling. Jangan lupa untuk memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.