Pantai Cimaja

Pantai Cimaja - jejakpiknik

Pantai Cimaja adalah salah satu pantai dari sekian banyak pantai yang berlokasi di kawasan Pelabuhan Ratu. Pantai ini cukup unik karena pantai ini tidak berpasir melainkan berbatu. Pantai yang melahirkan peselancar profesional, Dede Suryana, ini memiliki ombak yang cukup besar. Bahkan karena ombaknya juga, pantai ini menjadi sangat terkenal di kalangan para peselancar baik dari dalam negri atau luar ngeri. Walaupun lokasinya cukup tersembunyi, pantai ini tetap ramai setiap tahunnya.

Sejarah

Pantai Cimaja sudah menjadi lokasi surfing sejak tahun 1970-an. Pantai ini juga rutin mengadakan kempetisi berselancar sejak tahun 1990-an. Awalnya hanya peselancar asing lah yang rajin mempromosikan tentang lokasi ini. Namun seiring berjalannya waktu, Pantai Cimaja ini menjadi lokasi berselancar terbaik di Jawa Barat dan dikenal oleh banyak orang. Pantai ini semakin terkenal setelah Dede Suryana, peselancar asal Cimaja, mengalahkan peselancar legendaris, Robert Kelly Slater, di kejuaraan Todd Chesser Memorial Contest di Hawai tahun 2003 silam.

Aktivitas dan Fasilitas

Salah satu aktivitas yang wajib dilakukan di pantai ini adalah berselancar. Ombaknya yang besar dan ganas tentu menjadi dambaan para peselancar. Apalagi pada musim panas, saat bulan Mei hingga Oktober. Pada bulan-bulan itulah pantai ini ramai dikunjungi turis.

Pantai Cimaja – rumahkomunitas

Bagi para wisatawan yang tidak suka berselancar, jangan khawatir. Pantai Cimaja ini memiliki keindahan bentang alam yang luar biasa. Wisatawan dapat menikmati indahnya matahari terbit atau matahari tenggelam dari tepi pantai. Tak jarang pula para fotografer mendatangi pantai ini.

Fasilitas di pantai ini juga sudah cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir, mushola, hingga warung makan. Salah satu makanan khas di Pantai Cimaja ini adalah ikan bola yang diolah dengan bumbu khas Jawa Barat.

Lokasi dan Rute

Pantai ini berlokasi di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini tidak terlalu jauh dari pantai-pantai lain yang ada di Pelabuhan Ratu, namun lokasinya sedikit masuk ke pedesaan.

Para wisatawan yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya dapat menuju pantai ini melalui jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tangkil – Agrabinta. Estimasi waktu yang diperlukan sekitar 3 jam 50 menit.

Harga

Harga tiket masuk ke Pantai Cimaja ini adalah sekitar Rp5.000 pada hari biasa dan Rp2.000 pada akhir pekan. Bila menggunakan kendaraan maka akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk motor, Rp12.000 untuk mobil, dan Rp22.000 bagi mini bus.