Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara Ada di Sukabumi

Jembatan Gantung Situ Gunung - saintd

Kesiniaja.com – Kawasan Wisata Situ Gunung adalah salah satu lokasi wisata yang sangat populer di Jawa Barat. Kawasan wisata yang terletak di Kecamatan Kadudampit, Sukabumi ini menawarkan wisata-wisata alam yang memukau. Salah satu wisatanya yang paling digemari adalah Jembatan Gantung Situ Gunung atau biasa dikenal dengan Situ Gunung Suspension Bridge. Lokasinya yang masih menyatu dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menyebabkan pemandangan dari Jembatan Gantung Situ Gunung ini sangat memukau.

Walaupun setiap tahunnya selalu ramai dikunjungi wisatawan, masih banyak orang yang tidak tau bahwa Jembatan Gantung Situ Gunung ini merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Panjangnya mencapai 234 meter dan dibangun di atas ketinggian 107 meter. Jembatan ini terbuat dari kayu ulin asli Papua seberat 80 ton dengan kabel baja kuat sebagai talinya.

Jembatan ini diresmikan pada tahun 2019 oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Jembatan ini dibangun untuk membelah lembah dan menghubungkan antara area Situ Gunung dengan Curug Sawer.

Walaupun Anda menyebrangi jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara, Anda tidak perlu khawatir akan keselamatan Anda. Prosedur keselamatan di Jembatan Gantung Situ Gunung sangat ketat. Wisatawan yang melintasi jembatan ini dibatasi 40–50 orang dan setiap orangnya harus menggunakan alat keselamatan.

Bagi Anda yang suka dengan hawa pegunungan yang sejuk dan asri,  Jembatan Gantung Situ Gunung ini akan menjadi pilihan wisata yang tepat. Selain dapat menikmati indahnya Gunung Gede Pangrango di atas jambatan gantung, Anda juga bisa menyewa tenda di camping ground yang tersedia.

Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan menikmati indahnya Danau Situ Gunung. Setelah itu Anda bisa mengunjungi Curug Sawer yang terletak tidak jauh dari Jembatan Gantung Situ Gunung. Karena statusnya sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara, lokasi wisata ini sudah berstandar internasional dengan fasilitas yang lengkap dan modern.

Bagi Anda yang ingin tau lebih jauh mengenai fasilitas, rute, dan harga di jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara ini, dapat mengunjungi laman Jembatan Gantung Situ Gunung