Notre Dame

Notre Dome - CulturalHeritageOnline

Kesiniaja.com – Notre Dame merupakan destinasi wisata religi katedral di Kota Paris. Katedral ini menjadi salah satu contoh arsitektur gothic terbaik di Prancis. Memiliki kubah bertulang, penopang layang, pahatan, dan jendela mawar raksasa membuat tempat ini memiliki konsep gothic yang kuat. Katedral ini merupakan Katedral Katolik dan juga Katedral Keuskupan Agung Paris.

Monumen religi ini menjadi katedral yang paling banyak dikunjungi di Paris dengan pengunjung sekitar 12 juta orang setiap tahunnya. Bangunan ini telah menjadi tempat bersejarah dan juga latar tempat dari sejumlah karya terkenal seperti The Hunchback of Notre Dame karya Victor Hugo selama berabad-abad lamanya.

Jendela di Notre Dame – kathrynwarmstrong

Sejarah

Katedral Notre Dame ini mulai dibangun pada tahun 1163 dibawah pemerintahan Raja Louis VII. Pembangunan katedral megah ini memakan setidaknya 200 tahun sampai akhirnya rampung pada tahun 1260, namun perubahan terus terjadi sampai beberapa abad kemudian.

Pada sekitar tahun 1790 Katedral Notre Dame sempat rusak di saat revolusi Prancis sedang terjadi, banyak karya seni religi yang rusak bahkan hancur karenanya.

Terbitnya novel Victor Hugo, The Hunchback of Notre Dame pada tahun 1831 menyebabkan banyak masyarakat yang mulai mendukung pelestarian katedral ini. Pada tahun 1845 katedral ini direkonstruksi besar-besaran selama 25 tahun lamanya di bawah pengawasan Eugene Viollet-le-Duc.

Notre Dame – archinect

Fasilitas

Katedral Notre Dame ini terdiri dari dua menara yang masing-masingnya memiliki tinggi 69 meter. Puncak dari menara ini menjadi tujuan para wisatwan mancanegara pasalnya menara ini menyuguhkan pemandangan Kota paris yang indah.

Lokasi dan Rute

Katedral Notre Dame berlokasi di i Ile de la Cite di District 4, Paris, Prancis. Rute menuju katedral ini bisa menggunakan fasilitas dari metro atau kereta bawah tanah dengan mengambil line 4 dan turun di Cite. Bisa juga menggunakan kereta RER line B atau C dan turun di Stasiun Saint-Michel Notre Dame.

Notre Dame
Notre Dame – National Geographic

Harga

Katedral Notre Dome tidak memungut biaya sama sekali untuk para wisatawan yang ingin berkunjung, namun jika ingin naik hingga ke puncak menara akan dikenakan biaya sekitar €8,50 atau sekitar Rp148.000.