Jetlag Ketika Bepergian? Ini 7 Tips Untuk Mencegahnya

jetlag
Jetlag - blog.klm

Kesiniaja.com – Bagi kalian yang suka bepergian menggunakan pesawat, jetlag sudah pasti tidak asing di telinga kalian. Jetlag merupakan keadaan fisiologis dimana jam tubuh kalian mengalami gangguan. Hal ini biasa terjadi ketika jam tidur seseorang berubah secara drastis. Jetlag umumnya terjadi ketika kalian bepergian ke negara dengan zona waktu yang berbeda. Karenanya, kalian akan merasa lelah, mengantuk, dan bahkan pusing.

Walaupun begitu, jetlag merupakan kondisi yang umumnya terjadi dalam waktu singkat. Tubuh kalian juga akan beradaptasi sesuai zona waktu yang ada. Berikut beberapa tips mencegah jetlag untuk kalian yang ingin bepergian menggunakan pesawat.

1. Menyesuaikan Diri 

zona waktu, jetlag
Perbedaan zona waktu jetlag- insanpelajar

Ada baiknya sebelum berangkat bepergian kalian cobalah mengikuti jam tidur di tempat tujuan, karena akan membantu kalian lebih cepat beradaptasi jika sudah sampai di tujuan.

2. Berangkat Lebih Awal

Untuk kalian yang bepergian karena urusan bisnis disarankan untuk pergi lebih awal untuk meminimalisir efek samping jetlag pada saat kalian bekerja. Dengan begitu, kalian dapat memiliki waktu lebih banyak untuk beristirahat dan beradaptasi dengan baik dengan zona waktu yang ada.

3. Hindari Kopi

Seperti yang kalian tau, kopi mengandung zat kafein yang dapat mengusir kantuk, namun sebaiknya jangan meminum kopi disaat ingin bepergian ke luar negri. Bisa saja kopi memberi efek yang lebih kuat dari biasanya dan membuat kalian kesulitan beradaptasi dengan jam tidur di tujuan.

4. Tetap Terhidrasi

Selain menghindari kopi, lebih baik lagi jika kalian meminum banyak air mineral. Jam terbang yang lama bisa saja membuat kalian dehidrasi dan sakit kepala. Oleh sebab itu, pastikan kebutuhan cairan tubuh kalian tetap terpenuhi selama masa penerbangan sampai mendarat ke tujuan.

5. Membawa Barang yang Bisa Membantu Tidur

Mencegah jetlag
Alat penunjang tidur (bantal leher) – teddy bear

Kalian pasti tidak asing untuk melihat orang-orang membawa bantal leher di bandara, benda tersebut sering digunakan untuk membantu kalian tertidur dengan posisi yang nyaman di pesawat. Selain bantal leher, membawa penutup mata dan penutup telinga juga bisa membantu kalian tidur di pesawat

6. Tetap Aktif

Kalian bisa mencoba untuk tetap aktif di pesawat dengan menggerakkan tubuh setidaknya dua jam sekali. Berjalan di lorong pesawat sesekali juga bisa menjaga sirkulasi darah di tubuh kalian tetap lancar.

7. Berjemur di Pagi Hari

Sinar matahari dapat menormalkan jam biologis pada tubuh kalian. Dengan demikian,  berjemur di  sinar matahari saat sudah sampai di tujuan dapat mengobati jetlag dan juga membantu tubuh beradaptasi lebih cepat. Berjemur sekitar 5-10 menit pada jam 8-9 pagi sudah cukup untuk membantu tubuh beradaptasi.

Itu dia 7 tips untuk mencegah jetlag ketika bepergian ke luar negri dari kesiniaja.com. Dengan begitu, kalian sudah bisa menikmati liburan tanpa harus memusingkan jam tidur yang berantakan dan tetap fit selama melancong.