Alhambra

Alhambra - klook

Kesiniaja.com – Alhambra adalah kompleks istana serta benteng megah yang terletak di Spanyol. Pada 1984 Istana ini terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Bangunan ini juga menjadi saksi dari masa keemasan Islam di Eropa Barat. Dari Alhambra kita dapat melihat pemandangan luas Kota Granada dan gunung-gunung di sekitarnya.

Dinding kaligrafi di Alhambra – letsgobro wordpress

Sejarah

Bangunan bersejarah ini dibangun pada abad ke 889 Masehi. Dilansir dari dokumen sejarah yang ada, sejarah Alhambra dimulai dari abad ke 9. Diketahui Sawwar bin Hammud sedang mencari tempat berlindung dari perang antara Arab dan Eropa lalu dia menemukan Benteng Alcazaba. Benteng Alcazaba merupakan bangunan tertua di Alhambra. Setelah itu, Sawwar bin Hammud dan rakyat muslim lainnya berlindung di benteng tersebut dan memperbaikinya beberapakali karena peperangan tersebut.

Alhambra Alcazaba
Benteng Alcazaba – legadonazari

Masa keemasan istana ini dimulai sejak Dinasti Nasrid dibangun. Raja pertamanya yang berkuasa dari tahun 1238-1273, Raja Mohammed I datang dan mendirikan istananya di kawasan ini. Benteng Alcazaba diperkuat, Torre de la Vela dan Torre del Homenaje juga mulai dibangun.

Walaupun begitu, sebagian besar bangunan di Istana Alhambra dibangun mulai dari zaman kekuasaan Raja Yusuf I pada 1333. Beberapa bangunan yang dibangun pada masa kekuasaan Raja Yusuf I adalah Patio de los Leones, aula kapal, gerbang peradilan, bangunan permandian. Pembangunan terus berlangsung sampai zaman Raja Mohammed V pada tahun 1391.

Pada 1492 Raja Ferdinan dan Aragon memenangkan Kota Granada dan sekaligus mengakhiri masa keemasan Islam di kota tersebut. Karena Spanyol dan Kerajaan Katolik sedang dipersatukan, Raja Charles V yang dulunya memerintah Inggris dipindahkan ke Alhambra untuk memimpin dan menjadi Raja Charles I di Alhambra. Dibawah kepemimpinan Raja Charles I, bangunan ini mengalami banyak perubahan. Banyak dari bagian istana yang dibongkar dan diganti dengan istana bergaya renaissance.

Pada abad ke 18 dan 19 istana ini sempat ditinggalkan dan bahkan meledak akibat serangan dari tentara Prancis di masa peperangan. Akhirnya pada 1828, arsitek Jos Contreas memperbaiki bangunan ini kembali. Dan pelestarian Alhambra dipertahankan sampai sekarang.

Aktivitas dan Fasilitas

Memiliki bangunan yang unik cukup membuat istana ini ramai dikunjungi pelancong dari berbagai dunia. Dibangun dengan arsitektur yang indah dan megah dengan aksen Islam yang tetap kuat. Bahkan terdapat ruangan-ruangan yang dindingnya dibangun penuh dengan kaligrafi Arab.

Taman Singa Alhambra – arteparaninnos

Yang menarik lagi, terdapat Patio de los Leones atau taman singa di sini. Taman tersebut dikelilingi oleh pilar-pilar marmer. Seperti namanya, Taman Singa memiliki 12 patung singa yang melingkari sebuah kolam. Taman Singa sangat dilindungi, maka dari itu para wisatawan tidak boleh berada terlalu dekat dan dilarang untuk menyentuh tiang-tiang marmer di taman itu.

Lokasi dan Rute

Istana Alhambra terletak di Bukit La Sabica, Kota Granada, Spanyol. Banyak rute yang bisa wisatawan ambil ketika sedang berlibur ke spanyol. Dengan menyesuaikan budget yang ada, kalian bisa mencapai Kota Granada dengan beberapa rute. Salah satunya adalah menggunakan pesawat. Kalian bisa melakukan penerbangan dari Kota Malaga, Madrid dan Barcelona. Beberapa maskapai yang cukup murah dan melayani penerbangan ke Kota Granada adalah Ryan Air, Easy Jet, dan Transavia.

Wisatawan juga bisa mengandalkan trasnportasi umum bus dan kereta untuk mencapai Kota Granada. Kalian bisa mengambil jalur Malaga-Granada, Barcelona-Granada, atau Madrid-Cordoba-Granada.

Harga

Tiket masuk menuju Istana Alhambra bisa dibeli langsung dilokasi, melalui agen wisata, ataupun secara online. Untuk bisa masuk ke Benteng Alcazaba, kalian bisa membeli paket General Alhambra dengan harga €15,40 atau Rp263.309 per-orang. Untuk anak-anak berusia dibawah 12 tahun dapat masuk secara gratis dengan ketentuan adanya pembelian tiket dewasa bersamanya.