Mie Koclok Panjunan

Mie Koclok Panjunan - miekoclokcirebonpanjunan

Tidak lengkap rasanya jika datang ke Kota Cirebon tetapi tidak menjelajahi wisata kulinernya. Selain empal gentong, nasi jamblang, dan tahu gejrot, makanan lain yang wajib Anda coba jika berkunjung ke Kota Cirebon adalah mi koclok. Mi Koclok adalah hidangan mi dengan kuah dari santan yang kental. Kuah santannya ini lah yang membuat cita rasa mi koclok sangat unik.

Salah satu tempat makan yang menyajikan mi koclok terbaik adalah Mie Koclok Panjunan. Lokasinya cukup dekat dengan Masjid Merah Panjunan sehingga Anda yang datang ke sini dapat sekaligus melakukan wisata religi di masjid tersebut. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari jalan utama sehingga sangat mudah ditemukan.

Mie Koclok Panjunan sudah berdiri sejak tahun 1959 dan didirikan oleh keluarga keturunan Arab-Cirebon. Kini pengelolanya sudah generasi ketiga.

Mie Koclok Panjunan – disbudparporakabcirebon

Mi koclok adalah mi kuning disajikan dengan potongan daun bawang, taoge, suwiran ayam, dan potongan telur. Uniknya, di Mie Koclok Panjunan ini, telurnya dipotong menggunakan benang.

Setelah itu, mi kuning akan disiram dengan kuah putih kental. Kuah putih ini terbuat dari santan, kaldu ayam, dan maizena. Sepintas tampilannya seperti spageti carbonara, namun ketika dicicipi rasa nusantaranya sangat kuat. Ditambah dengan taburan bawang goreng yang membuat cita rasanya semakin spesial. Apalagi hidangan yang satu ini sangat jarang ditemukan di luar Kota Cirebon.

Mie Koclok Panjunan ini selalu ramai dikunjungi pengunjung. Kedainya tidak terlalu besar tetapi cukup nyaman. Disediakan juga bangku bakso di luar kedai untuk pengunjung yang tidak kebagian meja. Agar tidak terlalu ramai, Anda dapat berkunjung saat sore hari. Biasanya di Mie Koclok Panjunan ini semakin malam justru akan semakin ramai.

Lokasi Jl. Pekarungan No.104, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat
Jam Oprasional 15.30–22.00 WIB
HargaMi koclok Rp15.000

Jika Anda berkunjung ke Kota Cirebon, jangan sampai melewatkan kuliner khas yang satu ini, ya!