Museo del Padro

Museo del Prado
Museo del Prado - CulturalHeritageOnline

Kesiniaja.com – Museo del Prado merupakan salah satu museum di Spanyol dengan bangunan khas abad pertengahan yang megah. Museum ini adalah museum paling terkenal di Spanyol. Berumur hampir 2 abad lamanya, museum ini menyimpan begitu banyak koleksi kuno. Sampai saat ini, sekiranya ada 1.000 patung, 7.600 lukisan, 8.200 gambar, 4.800 cetakan, dan sejumlah besar dokumen bersejarah disini.

Karya di Museo del Prado – lledogrupo

Sejarah

Bangunan ini awalnya dirancang oleh arsitek Kerajaan Juan de Villanueva atas perintah Raja Charles III pada tahun 1785. Walaupun demikian, fungsi bangunan ini belum diputuskan sampai akhirnya Ratu Maria Isabel de Braganza yang memutuskan untuk menjadikannya museum kerajaan. Lalu pada November 1819, Museo del Prado resmi dibuka untuk umum.

Museum ini memiliki dua tujuan utama. Pertama untuk memamerkan seni Kerajaan Spanyol, dan juga untuk memperlihatkan ke seluruh eropa bahwa seni Spanyol memiliki prestasi yang setara dengan sekolah nasional lainnya. Bangunan ini juga telah beberapa kali direnovasi selama abad ke 19 dan ke 20. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya koleksi yang bertambah dan juga banyaknya masyarakat yang ingin melihat koleksi di museum tersebut.

Aktivitas dan Fasilitas

Banyak sekali karya dari seniman-seniman ternama Spanyol di museum ini. Diantaranya ada karya dari Murillo, Francisco de Goya, El Greco, dan Diego Velazquez. Tak hanya itu, sejarah dan pengetahuan yang dapat diperoleh di museum ini sangatlah banyak.

Toko di Museo del Prado – The new york times (Emilio Parra Doiztua)

Museo del Prado juga menyediakan beberapa fasilitas yang menarik. Yang pertama, terdapat kafe untuk kalian yang haus setelah melihat-lihat banyaknya karya disini. Terdapat juga toko buku dan toko suvenir, kalian bisa membelinya untuk menjadi kenang-kenangan ataupun oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Lokasi dan Rute

Museum kebanggaan Spanyol ini terletak di Kota Madrid. Wisatawan dapat mengunjungi museum ini menggunakan metro maupun bus. Kalian bisa menggunakan metro dan turun di stasiun terdekat, yaitu Atocha station (line 1) dan Banco de Espanna Station (line 2). Jika menggunakan bus kalian bisa menaiki line 9, 10, 14, 19, 27, 34, 37, dan 45 untuk mencapai Museo del Prado.

Harga

Museum ini buka pukul 10.00-20.00 setiap hari Senin sampai Sabtu, dan pukul 10.00-19.00 pada hari Minggu dan hari libur. Museum ini tutup setiap tanggal 1 Januari, 1 Mei, dan 25 Desember. Dan khusus tanggal 6 Januari, 24 dan 31 desember museum ini hanya buka dari pukul 10.00-14.00.

Harga tiket masuk ke Museo del Prado ditarif €14 atau sekitar Rp243.000 per orangnya. Kalian juga bisa menyewa tour guide disana dengan tarif sewa seharga €23 atau sekitar Rp400.000