Nasi Jamblang Ibu Nur

Nasi Jamblang Ibu Nur - ceritaeka

Nasi jamblang, kuliner populer dari Kota Cirebon. Tidak lengkap rasanya jika datang ke Kota Cirebon tetapi tidak mencicipi kuliner yang satu ini. Nasi jamblang adalah sajian nasi dan lauk pauk yang dibungkus menggunakan daun jati.

Nasi Jamblang Ibu Nur – instagram @ronald_lah

Nama nasi jamblang berasal dari nama sebuah desa yaitu Desa Jamblang. Menu yang satu ini sudah ada sejak tahun 1847. Menu ini dipelopori oleh Nyonya Tan Piauw Lun atau lebih dikenal dengan Mbah Pulung. Awalnya, Mbah Pulung memberikan nasi berbungkus daun jati ke para pekerja di Pablik Spirtus Palimanan. Sejak saat itu, nasi jamblang semakin dikenal oleh masyarakat setempat.

Salah satu ciri khas dari nasi ini adalah penggunaan daun jati sebagai pembungkusnya. Hal ini dikarenakan daun jati dapat membuat makanan lebih tahan lama dan tidak mudah basi. Selain itu, tekstur daun jati yang tidak mudah sobek membuat daun jati sangat cocok digunakan sebagai pembungkus.

Banyak sekali restoran di Cirebon yang menjajahkan menu nasi jamblang ini. Namun salah satu yang paling populer adalah Nasi Jamblang Ibu Nur. Karena lokasinya yang berada di tengah Kota Cirebon, restoran ini selalu ramai dikunjungi pengunjung.

Nasi Jamblang Ibu Nur – suara (Firsta Nodia)

Restoran ini menyajikan puluhan lauk pauk dengan harga yang bervariasi. Salah satu menu yang paling digemari adalah cumi hitam. Sajian cumi dengan saus hitam dari tinta cumi ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan lezat.

Ketika sampai, Anda akan disambut dengan puluhan lauk yang berjajar di meja panjang. Anda cukup mengantre dan mengambil lauk pauk sesuai dengan keinginan Anda. Ketika sampai di ujung meja, piring Anda akan dihitung sesuai dengan lauk yang Anda ambil.

Restoran ini sangat luas dan nyaman. Tersedia puluhan bangku yang setiap harinya selalu dipenuhi pengunjung. Tempat parkirnya juga sangat luas. Selain itu, restoran ini juga mudah dijangkau menggunakan kendaraan umum. Biasanya, Nasi Jamblang Ibu Nur akan sangat ramai di waktu makan siang.

LokasiJl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat
Jam Operasional 07.00–21.00 WIB (Senin–Jumat)
07.00–19.00 WIB (Sabtu & Minggu)

Jika Anda berkunjung ke Kota Cirebon, jangan sampai tidak mencicipi kelezatan Nasi Jamblang Ibu Nur ini, ya!

error: