Plaza Mayor

Plaza Mayor
Plaza Mayor -wikimedia (Zaqarbal)

Kesiniaja.com – Plaza Mayor merupakan alun-alun paling terkenal di Madrid, Spanyol. Tempat berbentuk persegi panjang ini sangat populer di kalangan wisatawan domistik maupun mancanegara. Uniknya disini terdapat satu set bangunan dengan warna merah bata yang mengelilingi alun-alun ini.

Monumen Philip III – wikimedia (Zaqarbal)

Sejarah

Dahulu, Plaza Mayor merupakan area pasar di abad pertengahan. Namun pada masa kekuasaan Raja Philip III di tahum 1617, tempat ini dialihfungsikan menjadi alun-alun. Bangunan ini di desain oleh Juan de Herrera dan pembangunannya selesai pada tahun 1619. Alun-alun ini telah terbakar dan direkonstruksi berkali-kali. Rekonstruksi terakhir dilakukan oleh Juan de Villanueva dengan masa pembangunan bertahun-tahun lamanya. Sayangnya Juan de Villanueva meninggal, sehingga pembangunan ini diselesaikan oleh murid-muridnya yaitu Antonio López Aguado dan Custodio Moreno. Dan akhirnya bangunan ini selesai direkonstruksi pada 1854.

Pada awalnya tempat ini bernama Plaza del Arraba. Alun-alun berganti nama beberapa kali selama bertahun-tahun. Sempat dinamai Plaza de la Constitución dan Plaza de la República. Sampai akhirnya dinamai Plaza Mayor setelah akhir perang saudara Spanyol.

Tak hanya pasar, tempat ini juga telah difugsikan untuk berbagai tujuan lain selama bertahun-tahun. Salah satunya pernah menjadi tempat eksekusi publik, upacara penobatan, dan persidangan pada masa inkusisi Spanyol. Bahkan alun-alun ini pernah dijadikan tempat perkelahian adu banteng.

Aktivitas dan Fasilitas

Plaza Mayor
Plaza Mayor – hostal persal

Di Plaza Mayor wisatawan dapat menemukan banyak kafe dan restoran outdoor. Walaupun tergolong mahal, tempat-tempat tersebut selalu dipenuhi turis. Disini juga terdapat patung Philip III yang amat populer. Patung tersebut merupakan hadian dari Duke of Florance. Kemudian dipindahkan ke Plaza Mayor atas perintah Queen Isabel II.

Selain itu, alun-alun ini juga dimanfaatkan untuk menjadi lokasi konser dan festival. Tempat ini juga memiliki tradisi Christmas Market. Tradisi ini telah ada sejak 1860 dan terus dipertahankan sampai sekarang.

Lokasi dan Rute

Berlokasi di pusat Kota Madrid, alun-alun ini sangat mudah untuk dikunjungi. Kalian bisa menggunakan transportasi metro untuk mencapai Plaza Mayor. Wisatawan bisa mengakses line 1, 2, dan 3 lalu turun di Sol Station. Atau bisa turun di Opera Station melalui line 2, 5, dan R.

error: