Retiro Park

Monumen Alfonso XII di Retiro Park - wikimedia (Carlos Delgado)

Kesiniaja.com – Retiro Park dikenal sebagai taman paling indah dan populer di Kota Madrid, Spanyol. Memiliki luas sekitar 130 hektar membuat taman ini menjadi salah satu taman paling luas di Madrid. Taman ini memiliki bangunan-bangunan klasik, monumen, danau, air mancur, dan beragam patung.

Monumen Jacinto Benavente (Retiro Park) – wikimedia (Ввласенко)

Sejarah

Retiro park dibangun pada abad ke 15 sebagai taman pribadi keluarga kerajaan Spanyol. Atas instruksi Gaspar de Guzmán selaku menteri utama Raja Philip IV, dia turut membangun Buen Retiro Palace dan Lope de Vega disini. Taman ini telah mengalami banyak perubahan dan renovasi selama bertahun-tahun. Lalu, pada 1868 taman ini resmi berganti status menjadi taman umum.

Aktivitas dan Fasilitas

Retiro Park terkenal dengan keindahan panoramanya. Tak heran musisi dan seniman selalu meramaikan tempat ini setiap akhir minggu. Ada juga street performer, peramal dan berbagai atraksi menarik lainnya disini. Wisatawan dapat melihat Estanque del Retiro dan patung Raja Alfonso XII di dekat pintu masuk sebelah utara. Fountain of the Fallen Angel juga menjadi salah satu spot populer tersendiri di taman ini.

Selain itu juga masih banyak lagi spot-spot menarik yang patut dinikmati di taman ini. beberapanya terdapat Paseo de las Estetuas, Rosaleda Rose Garden. Di tempat ini juga terdapat beberapa galeri seni yakni Palacio de Cristal, Palacio de velazquez, dan Casa de Vacas. Beberapa bagian dari Buen Retiro Palace juga ada disini yaitu Cason del Buen Retiro dan Salon de Reinos.

Fountain of the Fallen Angel (Retiro Park) – wikimedia (Kadellar)

Retiro Park juga mengadakan beberapa event seperti konser musik. Konser ini gratis dan diadakan pada akhir Mei sampai awal Oktober setiap hari Minggu. Setiap tahunnya juga terdapat pameran buku disini. Kalian juga bisa menikmati kegiatan outdoor berperahu dayung di danau Estanque del Retiro. Kereta kuda juga tersedia disini untuk mengelilingi taman.

Lokasi dan Rute

Pintu masuk utama Retiro Park berlokasi di Alcala street (dekat Alcala Gate) dan Alfonso XII street. Wisatawan bisa mengunjungi taman ini menggunakan metro. Kalian bisa mengakses line 2 dan turun di Retiro station. Bisa juga dengan line 9 dan turun di Ibiza station, atau line 1 dan turun di Atocha station.

Harga dan Jam Operasional

Taman ini buka setiap hari sepanjang tahun. Di musim panas tempat ini buka dari pukul 07.00-24.00. Sedangkan di musim dingin buka dari pukul 07.00-22.00. Kalian dapat mengunjungi taman ini dengan gratis tanpa biaya masuk.

error:
Exit mobile version