7 Tips Untuk Melakukan Solo Traveling

pexels (Porapak Apichodilok)

Kesiniaja.com – Berlibur adalah salah satu kebutuhan setiap manusia. Biasanya, orang berlibur bersama keluarga, pasangan, atau teman-teman. Namun tidak sedikit juga yang lebih suka berlibur sendirian atau melakukan solo traveling.

Dengan berlibur sendirian, kita dapat lebih mudah menentukan destinasi wisata sesuka kita. Kita juga bisa lebih mandiri dan melatih kemampuan beradaptasi. Namun, dibalik kelebihannya itu ada juga beberapa kekurangan. Mulai dari kesasar, penipuan, dan masih banyak lagi. Kesiniaja.com akan memberikan beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam melakukan solo traveling.

1. Lakukan Riset dan Buat Jurnal Perjalanan

Melakukan riset sebelum perjalanan sangatlah penting. Dengan melakukan riset, Anda dapat lebih mudah mempersiapkan apa saja yang harus Anda bawa. Anda juga bisa lebih mengenal wilayah tujuan Anda. Hal ini membuat Anda lebih mudah beradaptasi ketika sampai di lokasi tujuan. Selain riset, membuat jurnal perjalanan juga sangat penting.  Susunlah jurnal perjalanan Anda agar nantinya Anda tidak bingung lagi. Jurnal perjalanan ini berisi lokasi apa saja yang akan Anda kunjungi, estimasi waktu, biaya, dan lain-lain.

2. Bawa Alat Perlindungan Diri

gunassociation

Berlibur sendirian memang tidak berbahaya, tetapi tidak ada salahnya membawa alat pelindung diri. Alat ini akan sangat berguna khususnya bagi Anda yang tidak bisa bela diri. Alat yang bisa Anda gunakan adalah semprotan merica. Semprotan merica ini mudah dibawa dan diselipkan di jaket atau kantung pakaian Anda.

3. Hindari Berpergian di Malam Hari

Ketika berkunjung ke lokasi yang sangat asing, alangkah baiknya untuk tidak berpergian di malam hari. Berpergian di malam hari lebih berisiko dibandingkan siang hari. Karena biasanya saat malam hari kondisi sudah cukup sepi dan banyak kejahatan terjadi.

4. Pilih Penginapan yang Berkualitas dan Strategis

Kualitas penginapan juga sangat penting. Pastikan Anda memilih penginapan yang keamanannya terjamin dan dekat dengan fasilitas publik. Fasilitas publik ini bisa berupa ATM, minimarket, stasiun, atau terminal. Hal ini dapat membantu Anda dalam berpergian. Anda juga dapat meninap di hostel yang berisi sesama solo traveler.

5. Catat Nomor Penting

whatmobile

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah mencatat semua nomor penting. Anda dapat mencatat nomor telepon penginapan, nomor darurat Polisi, nomor telepon keluarga atau kerabat Anda. Tujuannya agar ketika ada hal-hal yang tidak diinginkan Anda dapat dengan mudah meminta bantuan.

6. Berpenampilan Sederhana dan Tidak Mencolok

Saat berkunjung ke suatu daerah, cobalah beradaptasi dengan penampilan penduduk lokal. Sebisa mungkin menggunakan pakaian yang nyaman. Jangan terlalu banyak menggunakan perhiasan yang dapat memancing pencuri.

7. Rutin Berkabar dengan Kerabat atau Sahabat

Selama melakukan perjalanan, cobalah selalu mengabari keluarga atau teman Anda. Bukan untuk sombong, tetapi hal ini bertujuan agar mereka tau posisi Anda. Jika suatu saat Anda tidak dapat dihubungi, mereka tau posisi terakhir Anda.

Itu lah tujuh tips untuk Anda yang ingin melakukan solo traveling. Dengan mengikuti tips-tips di atas, perjalanan Anda akan terasa lebih aman dan menyenangkan.

error: