Hiroshima Peace Memorial Museum

Hiroshima Peace Memorial Museum - visithiroshima

Kesiniaja.com – Hiroshima Peace Memorial Museum adalah sebuah museum yang masih menjadi bagian dari Hiroshima Peace Memorial Park. Museum ini menyimpan barang-barang peninggalan bom nuklir tahun 1945 silam. Selain barang-barang, museum ini juga menampilkan foto-foto dan kronologis kejadian saat itu. Banyak sekali sejarah dan pelajaran yang dapat kita ambil ketika berkunjung ke museum ini.

Sejarah

Pada tahun 1945 tepatnya tanggal 6 Agustus, Amerika Serikat menjatuhkan sebuah bom atom di Kota Hiroshima, Jepang. Sekitar 130 ribu rakyat Hiroshima menjadi korban dari ledakan ini. Tidak hanya itu, pada tanggal 9 Agustus 1945 dijatuhkan lagi bom kedua di Kota Nagasaki.

Kota Hiroshima tahun 1945 setelah ledakan – militaryhistory

Kedua ledakan ini menjadi pukulan hebat bagi Jepang saat itu. Ratusan ribu rakyatnya tewas. Rumah-rumah dan gedung-gedung hancur, rata dengan tanah. Bom ini juga lah yang menyebabkan Jepang menyerah tanpa syarat kepada Amerika Serikat saat Perang Dunia Dua.

Hingga akhirnya, museum ini dibangun pada tahun 1955. Museum ini sengaja dibangun untuk mengenang peristiwa bersejarah itu. Selain mengenang peristiwa bom atom, tujuan museum ini dibangun adalah untuk mengingatkan kita seberapa besar dampak dari perang.

Aktivitas dan Fasilitas

Ketika sampai, Anda dapat berkeliling di dalam museum. Di sisi barat bangunan, kita akan disuguhi berbagai barang peninggalan korban. Mulai dari siaran pers saat itu, koran, sepeda hangus, hingga baju bekas para korban. Semua barang barang ini ditata dengan rapi di balik lemari kaca. Terdapat juga foto-foto lama yang ditempel di dinding. Setiap barang yang ada, dilengkapi dengan rincian mengenai sejarah barang tersebut.

Hiroshima Peace Memorial Museum – hpmmuseum

Anda juga bisa menonton video dokumenter para korban yang selamat. Suasana di dalam museum yang sepi dan tenang, membuat kita seperti dibawa kembali ke masa kelam itu.

Di bagian timur bangunan, kita akan disuguhi miniatur Atomic Bomb Dome, satu-satunya bangunan yang tersisa dari bom nuklir. Di bagian timur ini, lebih membahas bagaimana cara Jepang pulih dari peristiwa bom nuklir.

Fasilitas di dalam museum juga cukup lengkap. Terdapat toilet, restoran, toko buku, hingga toko cenderamata.

Lokasi dan Rute

Tempat wisata ini masih menyatu dengan Hiroshima Peace Memorial Park. Lokasinya cukup dekat dengan Atomic Bomb Dome tepatnya di Nakajimacho, Naka Ward, Hiroshima.

Disarankan untuk menggunakan kendaraan umum jika ingin berkunjung ke museum ini. Hal ini disebabkan museum tidak menyediakan tempat parkir untuk kendaraan pribadi. Terdapat beberapa opsi lain seperti menggunakan kereta, bus, atau taksi.

Jika menggunakan kereta, Anda harus turun di Stasiun Hiroshima. Dari stasiun, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan bus lalu turun di Heiwa Kinen Koen. Selain bus, Anda juga bisa menyewa taksi dari Stasiun Hiroshima.

Harga dan Jam Operasional

Orang dewasa yang mengunjungi museum ini dikenakan biaya sebesar 200 yen atau kurang lebih Rp26.000. Bagi pelajar SMA dikenai biaya 100 yen atau Rp13.000, sedangkan untuk anak dibawah usia SMA tidak dipungut biaya apapun.

Jam operasional museum ini berubah ubah setiap bulannya. Saat bulan Maret hingga Juli museum dibuka pada pukul 08.30–18.00. Bulan Agustus museum dibuka pukul 08.30–19.00. Saat bulan September hingga November dibuka pukul 08.30–18.00. Dari bulan Desember hingga Februari museum dibuka sejak pukul 08.30–17.00. Loker pembelian tiket ditutup 30 menit sebelum jam tutup.

error: