Hiroshima Peace Memorial Museum, Saksi Bisu Ledakan Bom Hiroshima

Hiroshima Peace Memorial Museum - dandad

Kesiniaja.com – Pada tanggal 6 Agustus 1945, Kota Hiroshima mengalami peristiwa paling mengerikan dalam sejarah. Bom atom Little Boy milik Amerika Serikat menghancurkan seisi kota. Peristiwa ini merupakan ledakan bom nuklir terbesar dan yang pertama di dunia.

Ledakan ini pada akhirnya membuat Jepang menyerah di Perang Dunia Ke-dua. Amerika Serikat memang sengaja menjatuhkan bom ini agar Jepang menyerah. Namun pada nyatanya, peristiwa ini bukan hanya membuat Jepang kalah tetapi juga menimbulkan luka yang mendalam.

Ratusan ribu orang meninggal dunia, sedangkan ribuan lainnya luka-luka. Seluruh kota hancur, rata dengan tanah. Peristiwa ini juga membuat perekonomian Jepang ambruk. Radiasi nuklir yang ditimbulkan juga tetap berlangsung puluhan tahun setelahnya.

Kini, semua sisa-sisa tentang peristiwa itu disimpan di Hiroshima Peace Memorial Museum. Bangunan yang diresmikan sejak tahun 1955 ini memang ditujukan untuk mengenang peristiwa itu. Foto-foto yang menampilkan kehancuran pasca ledakan dipajang di dinding. Video kesaksian para korban yang selamat ditampilkan setiap menitnya. Barang-barang hangus seperti sepeda yang digunakan korban saat ledakan, baju, dan lain-lain juga dipajang di balik lemari kaca.

Museum ini juga menjelaskan secara rinci kronologis terjadinya ledakan. Mulai dari alasan Amerika Serikat hingga bagaimana Jepang bangkit dari keterpurukan.

Walaupun terdengar menyeramkan, museum ini sangat modern dan indah. Barang-barang disusun dengan sangat rapi dan tertata. Di setiap barangnya terdapat rincian mengenai barang tersebut. Terdapat juga patung-patung dan miniatur kota yang membuat museum ini semakin realistis.

Pengunjung yang datang bagaikan dibawa kembali ke masa kelam itu. Anda dapat lebih memahami sejarah ledakan ini. Selain sejarah, Anda juga akan lebih memahami arti dari sebuah perdamaian. Tentang seberapa besarnya dampak sebuah peperangan bagi umat manusia.

Museum ini wajib dikunjungi bila Anda datang ke Kota Hiroshima, khususnya para penggemar sejarah. Setiap tahunnya museum ini selalu ramai dikunjungi pengunjung. Pengunjungnya dari berbagai usia mulai dari anak sekolahan, hingga orang dewasa.

Anda dapat mengunjungi Hiroshima Peace Memorial Museum untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai fasilitas, rute, dan jam operasional dari museum ini.

error: