Pura Tanah lot

Pura Tanah Lot - baligateway

Kesiniaja.com – Pura Tanah Lot merupakan salah satu pura Hindu yang berlokasi di Bali. Pura ini juga telah menjadi ikon pariwisata Bali. Setiap harinya tempat ini selalu ramai oleh wisatawan yang berkunjung. Arsitektur yang unik dan lokasi yang tidak biasa menjadi daya tarik pura ini

Pura Tanah Lot
Pura Tanah Lot – poskota (Bepeha)

.

Sejarah

Menurut legenda, pada abad ke 15  Bhagawan Dang Hyang Nirartha atau yang biasa dikenal sebagai Dang Hyang Dwijendra sedang melakukan penyebaran agama Hindu dari Pulau Jawa ke Pulau Bali.

Awalnya Dang Hyang Dwijendra melihat sinar suci dari arah laut selatan Bali. Setelah dihampiri ternyata itu adalah pantai di sebuah desa. Desa tersebut adalah Desa Beraban Tabanan. Akhirnya desa tersebut dipilih untuk menjadi lokasi para suci bagi dewa laut. Namun sayangnya pemimpin desa tersebut, Bendesa Beraban Sakti, menentang ajaran agama Hindu kala itu.

Akhirnya Dang Hyang Dwijendra melakukan meditasi di atas karang yang berbentuk seperti burung beo. Batu karang tersebut awalnya berada di daratan. Namun Bendesa Beraban Sakti tetap terus mengusir Dang Hyang Dwijendra dari tempat meditasinya. Lalu Dang Hyang Dwijendra memindahkan batu karang tempat ia bermeditasi ke tengah pantai dengan kekuatan spiritual. Hal tersebut membuat batu karang ini dinamai Tanah Lot yang berarti batu karang yang berada di tengah laut.

Semenjak peristiwa itu, Bendesa Beraban Sakti mengakui kekuatan Dang Hyang Dwijendra dan menjadi pengikutnya serta memeluk agama Hindu. Seluruh penduduk desa tersebut pun ikut memeluk agama Hindu. Lalu sebelum Dang Hyang Dwijendra meninggalkan desa, ia memberikan sebuah keris. Keris tersebut dikatakan memiliki kekuatan untuk menghilangkan segala penyakit yang menyerang tanaman.

Aktivitas dan Fasilitas

Sunset Pura Tanah Lot – bali holidays tour

Sepanjang jalan menuju Pura Tanah Lot penuh dengan penginapan. Wisatawan dapat dengan mudah menemukan penginapan sederhana hingga villa dan hotel berbintang. Beberapa hotel yang berada di dekat pantai juga sering menggelar acara. Seperti pertunjukan Tari Kecak, pesta pernikahan, bahkan sunset dinner.

Terdapat banyak toko di area tempat parkir sampai pura. Toko-toko tersebut menjual berbagai kerajinan khas Bali. Beberapanya seperti patung, lukisan, aksesoris, dan kain pantai. Harganya pun tergolong murah untuk wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Terdapat juga pedagang makanan dan minuman, juga penyewaan toilet umum.

Lokasi dan Rute 

Pura Tanah Lot terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Tepatnya di atas batu karang yang berjarak sekitar 300 meter dari garis pantai. Dari Bandara Ngurah Rai kalian membutuhkan waktu sekitar 1 jam 20 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Estimasi tersebut juga bisa berubah tergantung dari kecepatan dan kepadatan jalan.

Untuk menuju ke batu karang, dapat di akses dengan cara melewati jalan batu pada saat air laut surut. Dan dari batu karang wisatawan harus menaiki tangga batu untuk mencapai pura.

error: